Ini Bukti Orang Bertubuh Kurus Juga Bisa Terkena Kolesterol

kolesterolSelama ini, penyakit kolesterol identik dengan orang bertubuh gemuk. Nyatanya, orang bertubuh kurus dan ideal pun juga bisa memiliki kolesterol yang tinggi. Bahkan dilansir dari beberapa media, selebriti bertubuh ramping seperti Isyana Sarasvati dan Laura Basuki pun ternyata sempat melakukan berbagai macam cara menurunkan kolesterol tinggi. Lantas, apa yang bisa menyebabkan kolesterol pada orang bertubuh kurus? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

  • Metabolisme yang kurang baik. Pasalnya, metabolisme yang kurang baik membuat tubuh kesulitan untuk memproses zat-zat yang terkandung dalam makanan, termasuk lemak. Oleh karena itu, metabolisme juga berpengaruh terhadap kadar kolesterol. Jika metabolisme seseorang tidak berjalan dengan baik, maka kadar kolesterolnya pun bisa meningkat.
  • Merasa stres. Sering mengonsumsi makanan manis untuk meredakan stres? Hati-hati lho, jika berlebihan mengonsumsi makanan manis glukosa dapat menumpuk di dalam tubuh. Padahal, penumpukan glukosa dan asam lemak malah dapat meningkatkan kadar kolesterol.
  • Tidak menjaga pola makan. Yup, bukan rahasia lagi kalau kolesterol tinggi bisa disebabkan dari makanan. Belum tentu orang bertubuh kurus memiliki pola makan yang sehat dan teratur, lho. Kebiasaan makan makanan instan, daging berlemak, telur, kue bisa meningkatkan kadar kolesterol tubuh.
  • Tidak suka olahraga. Jangan berpikir kalau tubuh kurus tidak terlalu perlu olahraga. Baik gemuk ataupun kurus, olahraga wajib dilakukan oleh setiap orang untuk menjaga kesehatan. Jarang olahraga membuat tubuh kurang aktif bergerak dan bisa membuat metabolisme kurang berjalan dengan baik. Hal inilah nantinya yang akan menyebabkan menumpuknya kolesterol dalam tubuh. Oleh karena itu, biasakanlah tubuh Anda untuk berolahraga secara rutin.
  • Genetik. Hal inilah yang menjadi penyebab utama mengapa orang bertubuh kurus juga dapat terkena kolesterol tinggi. Pasalnya, faktor genetik atau keturunan memiliki peran yang sangat besar terkait dengan produksi kolesterol. Jadi, buat Anda yang memiliki riwayat keluarga yang mengidap kolesterol tinggi perlu lebih wasapada.

Wah, ternyata banyak hal yang bisa membuat orang bertubuh kurus terkena kolesterol. Oleh karena itu, jaga pola makan dan gaya hidup serta periksakan kesehatan Anda secara rutin ke dokter. (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE