Ini Cara Seru Menghabiskan Waktu Liburan di Rumah

Menghabiskan sisa liburan di taman edukasi untuk keluarga adalah hal yang menyenangkan. Sebab, anak tidak hanya bisa bermain saja di sana, tetapi juga bisa belajar banyak hal di sana. Namun sayangnya, terkadang ada saja yang membuat Anda dan keluarga tidak bisa menghabiskan liburan di sana. Baik karena masalah biaya, waktu, dan sebagainya.

Sebenarnya tidak perlu bingung atau kecewa jika sedang mengalaminya, karena Anda tetap bisa menghabiskan waktu liburan dengan cara yang seru. Berikut ini adalah beberapa caranya:

Memasak bersama

masak bareng anakSiapa bilang memasak adalah kegiatan untuk perempuan saja? Saat ini sudah banyak loh laki-laki yang menjadi chef. Bahkan banyak juga anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar sudah pintar memasak beragam jenis makanan. Jadi jangan takut untuk melibatkan anak dalam kegiatan memasak Anda.

Jika Anda masih merasa ragu, cobalah untuk melibatkan anak dalam kegiatan yang sederhana terlebih dahulu. Misalnya memotong sayuran dalam ukuran besar sehingga bisa meminimalisir risiko yang terjadi. Atau biarkan anak melakukan bagian yang dia inginkan tetapi tetap dalam pengawasan Anda.

Kemah-kemahan

kemah bareng anak di rumahBerkemah harus dilakukan di luar? Tidak juga, kok! Anda bisa melakukannya di rumah jika memiliki lahan yang cukup. Misalnya Anda memiliki taman yang cukup besar dan juga memiliki tenda portable. Anda bisa memasang tenda tersebut di halaman rumah dan buatlah suasana seperti sedang di perkemahan. Atau jika Anda kreatif, Anda juga bisa memanfaatkan kain-kain lebar seperti sprei atau selimut tipis dan buatlah menyerupai tenda di kamar. Ajaklah anak untuk aktif dalam pembuatan tenda ini, pasti mereka akan merasa senang.

Bermain

Selama liburan di rumah, cobalah untuk membangun quality time yang maksimal dengan anak. Ajaklah anak bermain berbagai permainan seru yang menuntutnya untuk aktif dan sebisa mungkin jauhkan gadget darinya. Misalnya jika Anda memiliki kardus yang sudah tidak digunakan, cobalah untuk membuat rumah-rumahan dari benda tersebut bersama anak. Atau Anda bisa mengajak anak membeli mainan edukasi di luar dan kemudian memainkannya bersama di rumah.

Semoga beberapa cara di atas bisa menjadi inspirasi Anda menghabiskan liburan yang menyenangkan bersama anak! (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE