Ini Daftar Pura yang Wajib Dikunjungi di Bali

pura baliAda sangat banyak sekali pura di Pulau Bali. Bahkan mungkin ada juga pura yang berada dekat hotel di Denpasar Bali tempatmu menginap. Hal ini wajar, mengingat sebagian besar penduduk pulau ini beragama Hindu sehingga bukan hal yang aneh jika tempat ibadah agama tersebut banyak tersebar.

Dari sekian banyaknya pura di Bali, ada beberapa yang merupakan pura tertutup sehingga tidak bisa dikunjungi oleh wisatawan. Namun jangan kecewa dulu, karena masih banyak juga pura yang tetap bisa dikunjungi. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot merupakan salah satu destinasi wisata paling terkenal di Bali. Bahkan meskipun kamu datang saat bukan musim liburan sekalipun, tempat ini tetap saja sangat ramai oleh wisatawan. Tempat ini memang memiliki banyak kelebihan, jadi wajar saja jika menjadi tempat wisata favorit. Beberapa di antaranya yaitu pemandangan matahari tenggelam, pertunjukkan tari kecak, dan sebagainya.

  • Pura Taman Ayun

Pura ini dibangun pada tahun 1634 dan dikelilingi oleh pohon dan taman yang indah. Sayangnya, pura yang ada di dalam sini bersifat tertutup sehingga kamu tidak bisa masuk ke dalamnya. Meskipun begitu, kamu tetap bisa menikmati keindahan tempat ini dari area luar. Namun, untuk kamu yang tidak begitu kuat panas, ada baiknya jika membawa payung, terutama jika datang ke sini saat musim kemarau di mana matahari bersinar sangat terik.

  • Pura Tirta Empul

Di pura ini terdapat kolam mata air yang sangat dianggap suci oleh masyarakat Bali. Banyak orang Bali yang datang dan berendam di sini setelah bermimpi buruk atau dengan tujuan menyucikan diri. Tidak hanya itu, kolam air di sini juga dipercaya dapat memberikan keberuntungan dan kesehatan. Namun jika kamu tertarik untuk berendam di dalamnya, ada beberapa aturan yang harus kamu lakukan sebelumnya.

  • Pura Luhur Lempuyang

Pura Luhur Lempuyang merupakan salah satu pura paling spesial di Bali karena merupakan salah satu pura yang didedikasikan untuk Sang Hyang Widi Wasa (Dewa Tertinggi). Tidak hanya itu, pura ini juga dipercaya sebagai salah satu pura yang melindungi orang Bali dari roh jahat.

Namun, untuk mencapai pura ini kamu harus berjuang menaiki 1.700 anak tangga. Jadi, jangan lupa untuk siapkan fisikmu saat ke sini. Kamu juga jangan terlalu berekspektasi tinggi hanya melihat dari beberapa foto yang sudah diposting di sosial media karena ada beberapa perbedaan dengan aslinya. Meskipun begitu, pemandangan Gunung Agung yang dapat kamu nikmati dari pura ini tetaplah menarik, terutama saat pagi hari.

Di antara ke-4 pura di atas, manakah yang paling menarik untuk kamu kunjungi saat ke Bali? Atau mungkin, kamu punya referensi pura lain yang tidak kalah menarik?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.