Ini Dampak Flow Meter dalam Industri Jika Tidak Akurat

flow meter-minSemua komponen dalam mesin produksi memiliki fungsi vital sehingga harus selalu berfungsi maksimal. Ada beberapa komponen yang bisa menyebabkan mesin terpaksa harus berhenti beroperasi ketika komponen tersebut rusak. Namun, yang harus sangat diwaspadai adalah jika komponen yang rusak tetap membuat mesin dapat beroperasi hanya saja tidak sesuai yang diharapkan. Salah satu komponen yang dimaksud adalah flow meter Indonesia.

Ya, ketika komponen flow meter yang bisa digunakan di berbagai bidang industri ini mengalami kerusakan, mesinĀ  memang masih bisa bekerja seperti biasa apalagi jika kerusakan masih tergolong kecil. Misalnya, ada kesalahan pengukuran hanya sekitar 0,05% dari nilai aktual. Namun, ternyata meskipun kesalahan hanya sedikit bisa menyebabkan kerugian yang tidak sedikit. Khususnya jika masalah ini terlambat diketahui sehingga mesin terus beroperasi dalam waktu lama maka kerugian yang diderita akan semakin besar.

Lalu, apa saja sih memang dampak dari flow meter yang tidak akurat? Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Pemborosan bahan baku

Flow meter digunakan untuk mengatur aliran udara dan beragam cairan yang terjaadi dalam mesin. Pada proses pembakaran yang berfungsi untuk menyalakan mesin, flow meter berfungsi untuk mengatur agar perbandingan udara dan bahan bakar berada dalam komposisi yang seharusnya sehingga pembakaran terjadi secara sempurna. Ketika alat ini mengalami kerusakan, maka bisa terjadi pemborosan bahan bakar karena proses pembakaran tidak berlangsung sempurna. Sementara untuk proses produksi, kerusakan flow meter bisa menyebabkan terjadinya gagal produksi atau meningkatkan risiko barang cacat. Artinya bahan baku akan lebih boros karena harus melakukan produksi lagi untuk menggantikan barang yang cacat tersebut.

Pembakaran yang tidak sempurna

Pembakaran tidak sempurna yang terjadi akan membuat pemakaian bahan bakar semakin boros. Tidak hanya itu, gas buang yang dilepaskan dari terjadinya pembakaran tidak sempurna juga mengandung beragam zat berbahaya. Artinya sama saja dengan Anda menyumbang peningkatan polusi udara yang terjadi di bumi.

Meningkatnya biaya produksi

Boros bahan bakar dan bahan baku artinya akan semakin meningkatkan biaya produksi Anda. Hal ini tentunya bisa berdampak besar pada penghasilan Anda. Sebab meningkatnya biaya produksi tanpa disertai dengan peningkatan harga jual akan membuat keuntungan semakin berkuran. Sementara jika Anda meningkatkan harga jual karena masalah ini, maka bisa berisiko menyebabkan kaburnya konsumen Anda karena mencari alternatif lain yang menawarkan harga lebih murah.

Berbahaya sekali bukan dampak dari kerusakan alat ini? Itulah sebabnya, melakukan pemeriksaan untuk memastikan bahwa alat ini bisa berfungsi sempurna secara berkala sangatlah penting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.