Ini Dia Alasan Mengapa Investasi Berjangka Indonesia Tidak Populer

Investasi berjangka Indonesia tidaklah sepopuler investasi reksa dana dan saham di pasar modal Indonesia. Minimnya pemahaman masyarakat akan investasi berjangka ini ditengarai sebagai penyebab lambatnya pertumbuhan transaksi kontrak perdagangan berjangka. Dibanding dengan investasi saham yang sudah populer sebelumnya, investasi berjangka ini memang dinilai rumit dan tidak aman dikarenakan banyaknya perusahaan ilegal yang tidak bertanggungjawab.

Kenyataannya, di antara perusahaan ilegal dalam perdagangan berjangka ini, masih baInvestasinyak perusahaan lain yang telah resmi dan dijamin keamanannya oleh pemerintah melalui Bappebti. Namun, perusahaan ilegal nampaknya lebih terkenal dibanding perusahaan yang legal. Akibatnya, masyarakat masih enggan untuk terjun ke dalam investasi berjangka ini. Selain itu ada beberapa kendala berikut ini juga ditengarai menghalangi perkembangan perdagangan kontrak berjangka.

Pertama, adanya kecenderungan di benak masyarakat Indonesia untuk mendapatkan hasil investasi tinggi dengan cara yang mudah atau praktis. Hal inilah yang kemudian membuat pihak yang tidak bertanggung jawab membuat perusahaan pialang berjangka ilegal dan mengiming-imingi masyarakat dengan investasi praktis tersebut. Pemahaman masyarakat yang masih minum dan keengganan untuk menggali lebih dalam mengenai kontrak perdagangan berjangka inilah yang kemudian menyebabkan masyarakat lebih cenderung untuk salah pilih pilih pialang dalam investasi berjangka indonesia.

Kedua, masih kurangnya sosialisasi tentang kontrak perdagangan berjangka ini di masyarakat. Salah satu sosialisasi yang bisa dilakukan adalah melalui komunitas-komunitas penggiat investasi. Ada baiknya juga untuk masyarakat langsung mencoba kontrak perdagangan berjangka ini melalui virtual account agar mengetahui lebih banyak tentang investasi berjangka ini. Selain itu, menambahkan penawaran-penawaran baru yang bisa menarik para investor juga bisa dilakukan oleh para pialang berjangka resmi ini. Misalnya penambahan jenis komoditi yang diperdagangkan.

Saat ini komoditi yang diperdagangkan dalam kontrak perdagangan berjangka antara lain seperti emas, olefin, timah, CPO, cokelat dan kopi. Ada juga pialang yang sedang mengusahakan untuk menambah komoditi berupa batu bara. Hal ini tentu akan menambah pilihan investasi bagi masyarakat yang mulai tertarik dengan kontrak perdagangan berjangka.

Agar usaha investasi anda dalam bidang ini lebih aman dan nyaman, menambah informasi anda dengan mempelajari segala hal tentang investasi berjangka mulai dari regulasi hingga risikonya sangatlah penting. Jangan lupa juga untuk memilih pialang yang resmi dan telah terdaftar agar anda mendapatkan pengalaman terbaik dalam bertransaksi. Demikianlah beberapa hal yang bisa disampaikan mengenai investasi berjangka Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE