Ini Dia Asal Usul Kue Nastar

kue nastarLebaran identik dengan kue – kue keringnya, mulai dari kastangel, lidah kucing, dan tidak lupa nastar. Untuk membuat kue – kue tersebut dibutuhkan bahan – bahan kue berkualitas yang bisa Anda dapatkan di toko bahan kue. Lalu pernakah Anda terpikir asal – usul dari kue lebaran yang bernama nastar tersebut?

Nastar pada mulanya adalah bentuk evolusi dari kue pie atau tart yang berasal dari Eropa. Kue pie atau isian tart di Eropa yang paling populer masa itu adalah blueberry dan apel, sementara di masa yang sama kedua buah tersebut sangat sulit ditemukan di Indonesia. Oleh karena itu, dengan memiliki campuran rasa yang mirip yaitu asam dan manis, nanas yang lebih mudah ditemukan kemudian dipilih menjadi isian pengganti dari pie atau tart tersebut.

Nama Nastar sendiri berasal dari bahasa Belanda dan gabungan dari kedua kata yaitu tart nanas, (Ananas Taart). Bentuk Nastar pun berevolusi tidak seperti kue pie atau tart pada umumnya melainkan bulat dan hanya sebesar satu kali suap. Membuat Nastar menjadi kudapan yang cocok bagi tamu yang berkunjung, khususnya pada saat hari raya seperti Lebaran dan Natalan.

Konon kue Nastar ini pada dahulu kala hanya segelintir orang yang bisa menikmatinya, alias hanya para bangsawan dan hanya disukai oleh orang – orang Belanda saja. Namun lama kelamaan akhirnya resep dari kue Nastar ini tersebar dan dapat dinikmati oleh berbagai kalangan.

Selain pada Lebaran dan Natal, ternyata kue Nastar ini juga sering disajikan pada saat perayaan Imlek atau Tahun Baru China. Hal ini dikarenakan Nastar berwarna keemasan dan dianggap melambangkan keberuntungan bagi warga Tionghoa.

Selain nanas, isian Nastar lain yang tidak kalah populer adalah buah Aprikot. Namun harganya tentu saja berbeda dengan Nastar yang memiliki isian nanas. Garnish atau hiasan di atas kue Nastar pada umumnya adalah bunga cengkeh atau potongan buah ceri, dan selain untuk mempercantik penampilan, bunga cengkeh berfungsi memberikan wangi yang khas pada kue Nastar tersebut.

Tingginya kualitas bahan tentu akan berpengaruh pada rasa Nastar yang dihasilkan, semakin tinggi kualitasnya maka semakin enak Nastar yang terbentuk. Agar Nastar terlihat menarik, maka hiasilah bagian terluarnya dengan fondant. Fondant merupakan hiasan kue yang terbuat dari gula. Memberi fondant ini akan membuat Nastar terlihat semakin lucu dan imut. Cobain, deh!

Erick

Saya seorang yang sedang belajar menulis dan saat ini sedang mempelajari dunia digital

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE