Ini Dia Film-film Distopia yang Membuatmu Terlarut Dalam Cerita

matrixJika komunitas atau sistem sosial politik yang sempurna yang ada dalam khayalan disebut utopia, sedangkan kondisi sebaliknya disebut distopia, yakni kondisi di mana pemerintahan tidak beradab sehingga masyarakatnya harus mati-matian demi mendapatkan kesejahteraan bahkan hanya untuk sekedar bertahan hidup.

Keadaan ini biasanya hanya berupa khayalan yang biasa digambarkan pada film-film karena hampir tidak mungkin terjadi di dunia nyata. Contohnya seperti Blade Runner, The Hunger Games, dan film lainnya yang mungkin pernah kamu saksikan lewat aplikasi film favoritmu. Meskipun sulit untuk terwujud di dunia nyata, bukan berarti kondisi distopia sulit untuk membuat kita terbawa. Biasanya film-film mengaitkan kondisi distopia dengan alasan ilmiah yang masih bisa diterima akal manusia. Oleh karena itu, bukan hal yang tidak mungkin jika kita terlarut dalam cerita. Nah, ini dia film-film distopia yang akan membuatmu terkesan.

  • The Matrix (1999)

Para milenial mungkin sudah tidak asing lagi dengan film berjudul the Matrix ini. Yup, film ini merupakan salah satu yang menceritakan tentang keadaan distopia di era digital. Film ini juga memiliki sekuel yang sangat seru untuk ditonton.

  • The Hunger Games (2012-2015)

Film yang dibintangi oleh Jennifer Lawrence ini menceritakan tentang sebuah permainan yang mempertaruhkan nyawa. The Hunger Games menuntun para pemainnya untuk membunuh satu sama lain untuk bertahan hidup. Diadaptasi dari novel karya Suzanne Collins, film ini pun sukses mendapatkan banyak perhatian masyarakat.

  • Wall-E (2008)

Meskipun disajikan dalam tampilan animasi, Wall-e merupakan salah satu film yang menggambarkan kondisi distopia. Bumi sudah tidak berpenghuni lagi dan hanya bersisakan robot. Namun film ini menemukan twist yang menyentuh dan membuat para penontonnya terlarut dalam cerita.

  • The Lobster (2015)

Suka dengan film yang memiliki plot unik dan penggemar berat Léa Seydoux, maka wajib untuk menonton film yang satu ini nih. The Lobster mengisahkan tentang masyarakat yang diwajibkan harus memiliki pasangan. Namun sadisnya, jika dalam 45 hari mereka tidak berhasil medapatkan pasangan yang cocok, maka akan dihukum menjadi binatang. Kisah yang unik, bukan?

Nah, selain film-film di atas adakah film lainnya yang direkomendasikan untuk para pencinta film bertema distopia? Share di kolom komentar ya! (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE