Ini Keuntungan Menggunakan Coworking Space

 

coworking space

image source: JustCo

Coworking space Jakarta merupakan sebuah konsep yang mulai banyak digunakan oleh para pelaku usaha saat ini. Dengan menggunakan konsep ini, maka dalam satu ruang kerja yang sama, Anda akan bisa menemukan beragam jenis usaha atau perusahaan di dalamnya. Misalnya saja, meja yang satu adalah miliki perusahaan A dan meja di sampingnya adalah milik perusahaan B.

Mungkin bagi Anda yang selama ini bekerja di area perkantoran biasa atau konvensional, merasa aneh dengan konsep ini. Bagaimana mungkin perusahaan yang berbeda bisa bekerja dalam satu ruangan yang sama? Bukannya itu artinya tidak ada privacy?

Memang, jika Anda berpikir masalah privacy, bisa dikatakan konsep tempat kerja seperti ini akan membuat Anda tidak memilikinya. Itulah sebabnya, jika usaha yang Anda jalankan membutuhkan keamanan dan privacy tingkat tinggi, ada baiknya jika menghindari konsep ini. Namun, jika usaha Anda tidak termasuk jenis yang seperti itu, konsep ini bisa Anda pertimbangkan. Sebab, ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan konsep tersebut, antara lain:

  • Suasana kerja

Coworking space umumnya memiliki suasana kerja yang nyaman dan sesuai untuk bekerja, tetapi tetap santai. Berbeda jika Anda bekerja di kantor konvesional yang terkadang terlalu serius. Anda juga bebas menata working space Anda sendiri selama hal tersebut tidak melanggar kesepakatan dengan pengelola dan tidak mengganggu penyewa lainnya.

  • Koneksi

Dengan bekerja di coworking space, Anda akan semakin menambah koneksi. Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi Anda, terutaman untuk Anda yang baru merintis sebuah usaha baru. Selain itu, beberapa penyewa yang sudah berpengalaman mungkin akan bisa membagikan pengalamannya terkait bisnis pada Anda. Dengan begitu, Anda akan bisa belajar lebih dari pengalaman mereka dan membantu bisnis Anda berkembang semakin cepat.

  • Penghematan

Jelas, ini salah satu hal penting yang dijadikan pertimbangan saat menggunakan jasa penyedia coworking space. Jika Anda menyewa sebuah ruangan sendiri sebagai kantor untuk usaha Anda, maka harga yang akan Anda bayarkan adalah sekian rupiah per meter kubik setiap bulannya. Dan harga tersebut cenderung mahal. Bagi yang memiliki usaha dengan jumlah karyawan banyak dan penghasilan stabil, hal ini mungkin bukan masalah. Namun, bagi yang masih merintis usaha dan belum memiliki banyak karyawan, tentunya akan merasa rugi jika harus menyewa ruangan yang cukup besar sementara karyawannya belum banyak. Dengan konsep ini, memungkinkan Anda memberikan suasana kerja yang layak pada karyawan Anda, tanpa perlu membayar terlalu mahal. Apalagi coworking space banyak memiliki fasilitas yang disediakan oleh pengelola. Fasilitas yang harus ada pada coworking adalah listrik, internet, dan peralatan kantor (meja, kursi, dsb).

  • Fleksibilitas

Anda bisa menyewa coworking space seseuai dengan kebutuhan. Misalnya Anda hanya membutuhkan ruangan untuk mengerjakan sebuah proyek selama sebulan, maka Anda bisa menyewa sebulan saja. Jadi, Anda tidak akan terikat kontrak panjang jika memang Anda hanya memerlukan kontrak jangka pendek.

Perlu atau tidaknya Anda menggunakan coworking space dalam usaha Anda, tentunya bergantung pada kebutuhan Anda dan jenis usaha yang Anda jalankan. Namun, bagi Anda yang baru merintis usaha, tidak ada salahnya jika mencobanya. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE