Ini, Makanan Khas Ramadhan di Beberapa Daerah di Indonesia

Bubur Kampiun

image source: Google

Makanan dan cemilan sehat memang menjadi menu paling wajib yang harus ada selama bulan Ramadhan dan disantap saat berbuka puasa maupun sahur. Namun, makanan pulalah yang menjadi godaan paling berat bagi seseorang yang tengah menjalani ibadah puasa karena makanan tersebut memiliki aroma yang sangat enak sehingga terlihat sangat menggoda. Jika kita tidak mampu mengatasi godaan tersebut, maka dapat dipastikan puasa yang sudah ditahan pun bisa batal dibuatnya.

Nah, bicara mengenai makanan di bulan Ramadhan, ada nih beberapa makanan khas di beberapa daerah di Indonesia yang selalu disajikan maupun dijual ketika bulan Ramadhan. Apa saja, ya? Yuks, langsung kita simak ulasannya di bawah ini:

  • Bubur Kampiun. Pernah mendengar atau memakan bubur kampiun? Sebagian dari kamu tentu sangat jarang mendengar bahkan memakan bubur ini, kan? Bubur kampiun sendiri merupakan salah satu menu takjil khas Sumatera Barat yang selalu ada di saat bulan puasa. Bubur kampiun ini memang sangat berbeda dengan bubur kebanyakan karena di dalam bubur terdapat beberapa isian seperti ketan hitam, bubur sum-sum, candil, kolak pisang, dan terkadang ada yang menambahkan kacang ijo. Kalau dari segi rasa, makanan ini sangat enak dan cocok dijadikan sebagai menu berbuka puasa.
  • Sotong Pangkong. Bagi kamu yang tinggal di Pontianak ataupun yang berasal dari Pontianak, tentu sudah tidak asing lagi dengan makanan ini, bukan? Yap, sotong pangkong adalah makanan khas dari Pontinak yang dihidangkan saat berbuka puasa dan sahur. Makanan ini terbuat dari cumi-cumi yang sudah dikeringkan. Setelah kering, cumi tersebut lalu dibakar dan dipukul-pukul sehingga menghasilkan daging cumi yang sangat lembut. Untuk rasanya sendiri makanan ini bercita rasa asin, manis, pedas, dan gurih.
  • Sate Susu. Jika kamu ke Bali saat bulan puasa, jangan lupa memakan Sate Susu Bali, ya. Jika dilihat sekilas, sate ini memang mirip dengan sate pada umumnya. Namun, bedanya, sate ini terbuat dari daging di bagian puting dan kantung susu sapi. Meski terlihat berbeda, jangan takut dulu, makanan ini halal, kok. Jadi sangat aman bila dikonsumsi oleh yang beragama Islam.

Selain makanan yang sudah dituliskan, masih ada makanan lainnya, seperti:

  • Bongko Kopyor (Gresik)
  • Kicak (Yogyakarta)
  • Mie Glosor (Bogor)
  • Pakat (Tapanuli)
  • Gulai Kakuwah (Bengkulu)
  • Ketan Bintul (Banten)
  • Gulai Siput (Kepulauan Riau)

Gimana nih? Kamu mulai tergiur dengan makanan tersebut? Selamat menjalani ibadah puasa, ya! –SH–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE