Ini Satu Hal yang Sering Terlewat Saat Hendak Membeli Rumah

Setiap orang pastinya memiliki daftar panjang berisi hal-hal yang harus dilakukan ketika mengambil keputusan untuk membeli rumah. Rumah merupakan sebuah properti besar yang dibeli dengan banyak pertimbangan; tidak hanya harga dan lokasi saja yang cocok tetapi juga harus nyaman. Sebelum melakukan transaksi dengan developer property Indonesia, Anda harus yakin bahwa semua checklist dalam daftar sudah terpenuhi.

Scott McGillivray, bintang dari HGTV Income Property menyatakan bahwa ada satu hal yang terlewat dari daftar tersebut. Biasanya, Anda akan memasukkan poin ‘mengelilingi area rumah dan mengeceknya dengan seksama’ ke dalam daftar, tetapi lupa untuk berkeliling di area di sekitar lingkungan rumah.

Beli Rumah

McGillivray yang juga baru saja meluncurkan seri terbaru Buyer’s Bootcamp dan Moving the McGillivray, menyarankan agar calon pembeli rumah tidak malas berkeliling di sekitar lingkungan rumah dan mengobrol dengan tetangga setempat.

Pasalnya, tetangga sebelah rumah atau sekitar rumah yang dijual akan dengan senang hati memberikan informasi yang mungkin Anda butuhkan terkait rumah tersebut. Setelah berkeliling dan melihat setiap ruangan dalam rumah, manfaatkan waktu sedikit untuk berjalan-jalan ke sekitar rumah. Temui calon tetangga sebelah di rumah yang hendak Anda beli dan utarakan maksud Anda untuk menghuni rumah tersebut. Tanyakan apakah ada kondisi tertentu yang mungkin perlu Anda ketahui.

Gestur ini memang terdengar sederhana, namun memiliki banyak manfaat untuk Anda. Sebab developer properti biasanya menyimpan beberapa hal yang sensitif tentang rumah tersebut dan tidak akan memberitahukannya pada calon pembeli potensial. Nah, tetangga adalah sumber informasi yang jujur dan tidak ditutup-tutupi.

Obrolan dengan tetangga ini bisa menjadi salah satu penentu keputusan saat hendak membeli rumah. Jika kondisi rumah tersebut baik, lingkungannya pun mendukung, maka tidak ada alasan untuk tidak membelinya bukan? Apalagi jika rumah tersebut berada dekat sekali dengan fasilitas umum. Selain itu, berkunjung ke rumah tetangga terdekat juga bisa menjadi ajang silaturahmi untuk mengenal mereka lebih lanjut sebelum menghuni rumah tersebut. Menarik, kan?

Jadi, untuk Anda yang ingin membeli rumah dan sedang dalam pertimbangan, jangan lupa masukkan aktivitas tersebut dalam daftar checklist Anda, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE