Instalasi Pipa Sistem Terbuka dan Tertutup

Untuk kamu yang sedang merenovasi rumah, biasanya akan mengubah pula instalasi pipa PVC yang digunakan untuk saluran air di rumah. Jelas, karena instalasi ini akan sangat dipengaruhi oleh desain rumah. Dan, mengingat betapa pentingnya masalah instalasi saluran air ini, maka biasanya hal ini akan diurus proses instalasinya oleh pihak yang merenovasi rumah kita. Yap, memasang saluran air ini memang sangatlah berisiko dan tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Sebab, sedikit saja kesalahan dalam masalah instalasi, bisa menyebabkan pipa mengalami masalah dan akhirnya harus membongkar bagian rumah di lokasi pipa yang bermasalah. Itulah mengapa, masalah intalasi ini harus dilakukan oleh orang yang benar-benar berpengalaman.

Instalasi Saluran Pipa

Meskipun begitu, bukan berarti kamu tidak memiliki peran apapun loh dalam pemasangan pipa ini. Sebab, kamulah yang memiliki hak untuk menentukan jenis instalasi apa yang ingin kamu gunakan untuk rumahmu ini. Apakah kamu ingin menggunakan instalasi sistem tertutup, ataukah instalasi sistem terbuka. Nah, supaya kamu tidak merasa bingung menentukan, sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu, keuntungan serta kerugian dari kedua sistem ini.

Jika kamu melihat dari sisi aliran air, instalasi pipa air tertutup lebih memiliki keuntungan. Sebab, air yang mengalir pada sistem ini cenderung rata atau sama pada setiap kerannya. Hal ini dikarenakan bentuk instalasi pada sistem tertutup saling terhubung pada semua sisinya. Artinya, tidak ada satupun pipa yang memiliki ujung pada satu bagian. Sementara, pada instalasi terbuka ini ada beberapa aliran air yang memiliki ujung, atau bisa dikatakan tidak semua pipa saling terhubung. Inilah yang menyebabkan tekanan air pada keran yang satu dengan yang lainnya bisa jadi berbeda. Lebih sulitnya lagi, jika sebuah saluran air tersumbat maka aliran pada saluran tersebut akan terhnti karena tidak terdapat supply dari saluran lainnya.

Jika dilihat dari segi biaya, instalasi sistem tertutup ini membutuhkan biaya lebih besar daripada sistem tertutup. Sebab, sistem tertutup secara otomatis akan membutuhkan pipa yang lebih banyak untuk menyambungkan seluruh saluran airnya. Tidak seperti sistem terbuka yang cenderung membutuhkan pipa lebih sedikit, sehingga membutuhkan biaya yang lebih kecil pula.

Jadi, setelah melihat kelebihan dan kekurangannya, sistem apa yang ingin kamu gunakan? (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE