Internet Wireless atau Internet Kabel untuk Rumah?

Internet Wireless atau Internet Kabel untuk RumahApa yang paling pertama kita lakukan ketika membutuhkan sebuah informasi? Pasti memanfaatkan search engine untuk mendapatkan informasi yang kita butuhkan. Dengan kata lain, kita akan selalu membutuhkan teknologi internet kapanpun dan dimanapun kita berada. Apalagi ketika kita berada di kota besar seperti Bandung, kita tentunya akan selalu membutuhkan akses Internet Bandung untuk berbagai keperluan. Misalnya saja seperti lokasi wisata, tempat makan favorit, dan berbagai hal lainnya.

Selain warga pendatang, warga asli Bandung juga tentunya membutuhkan koneksi internet cepat, tidak hanya untuk mengakses berbagai informasi, namun juga untuk keperluan lain seperti upload, download, ataupun streaming film. Kebutuhan koneksi internet secara aktif ini membuat berbagai provider berusaha untuk menawarkan berbagai pilihan paket internet kepada konsumennya disertai dengan berbagai kelebihan lainnya. Namun, sebelum memutuskan provider internet yang akan digunakan, akan lebih baik jika kita terlebih dahulu menentukan jenis internet yang akan kita gunakan, apakah internet kabel atau internet wireless.

  • Internet Kabel

Banyak masyarakat yang memilih internet kabel karena dianggap memiliki kualitas koneksi yang lebih stabil dibandingkan dengan internet wireless. Hal ini wajar, karena jika provider menggunakan jaringan optik dengan kualitas yang baik, maka kecepatan transfer data akan sangat baik dan kualitas koneksi internet pun akan lebih stabil. Namun internet kabel ini memiliki kekurangan, yaitu tidak dapat dengan mudah dibawa kemana pun karena terbatas pada jaringan kabel. Selain itu, karena kabel tertanam pada bawah tanah maka akan beresiko mengalami putus akibat berbagai hal. Ketika hal ini terjadi, maka koneksi internet akan terputus dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk proses perbaikannya (bergantung pada provider internetnya).

  • Internet Wireless

Internet wireless menggunakan sinyal untuk mengirimkan data, sehingga terkadang mengalami kendala koneksi khususnya ketika kondisi cuaca sedang kurang mendukung. Untuk penggunaan internet wireless di rumah dengan perangkat PC, biasanya akan digunakan modem eksternal yang berbentuk seperti USB. Meskipun koneksi internetnya kurang stabil bila dibandingkan dengan internet kabel, namun faktor praktis membuat jenis internet ini banyak dipilih oleh masyarakat.

Baik menggunakan internet kabel maupun internet wireless tetap memiliki keuntungan dan kelebihannya masing-masing. Karena itulah, kita bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan kita. (Yv)

One thought on “Internet Wireless atau Internet Kabel untuk Rumah?

  1. Pingback: Tiga Sitcom Barat Terpopuler

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE