Jadi Pemadam Kebakaran dan Selamatkan Kota Kidzania Dari Kebakaran

pemadam kebakaran kidzania

image source: KidZania

Ada banyak profesi yang bisa dicoba oleh anak saat berwisata ke Kidzania Jakarta. Salah satunya yaitu, pemadam kebakaran. Sama halnya dengan profesi lain yang ada di tempat bermain anak di Jakarta ini, pada saat anak memilih profesi tersebut maka anak akan benar-benar merasakan pengalaman menjadi pemadam kebakaran sungguhan.

Eits, Anda tidak perlu panik dulu. Menjadi pemadam kebakaran sungguhan bukan berarti akan berhubungan langsung dengan api, kok. Namun, anak harus belajar bersikap dan bekerja secara profesional untuk melakukan tugasnya sebaik mungkin saat memadamkan api buatan yang sudah dipersiapkan oleh taman wisata edukasi ini.

Saat anak memilih profesi ini, maka anak akan dipakaikan seragam layaknya pemadam kebakaran sungguhan. Ada beberapa jenis ukuran seragam, jadi Anda tidak perlu khawatir dengan seberapapun ukuran tubuh anak. Saat adanya kebakaran di salah satu gedung di Kota Kidzania, anak dan pemadam kebakaran lainnya akan menuju lokasi dengan menggunakan mobil pemadam kebakaran. Setelah sampai, anak harus mengarahkan semprotan air menuju area api agar api dapat segera padam dan kebakaran tidak meluas ke gedung lainnya.

Aktivitas ini akan membutuhkan waktu sekitar 20 menit. Dari mulai persiapan, menuju lokasi kebakaran, hingga memadamkan api.Setelah aktivitas selesai, anak akan mendapatkan KidZos yang bisa digunakan untuk berbelanja di Kota Kidzania. Namun, selain itu masih ada lagi manfaat yang akan didapatkan anak, antara lain:

  • Sosial: Anak akan belajar bersosialisasi dengan orang-orang yangbaru dikenalnya, yaitu anak lain yang ikut memainkan profesi ini.
  • Kolaborasi:Anak akan belajar untuk belajar bekerjasama dengan anak lainnya dalam menyelesaikan tugas yang diberikan.
  • Berpikir kritis:Anak akan belajar untuk berpikir kritis dan cepat untuk menyelesaikan masalah yang terjadi saat berada dalam situasi darurat.
  • Tanggungjawab:Anak akan dituntut untuk memiliki rasa tanggungjawab atas profesi tersebut dengan mengerjakan tugas sebaik-baiknya, demi mewujudkan rasa aman dan nyaman bagi warga Kota Kidzania.
  • Berani:Anak akan belajar untuk berani menghadapi tantangan yang ada dihadapannya.

Sangat banyak manfaat yagn bisa didapatkan anak dari profesi ini. Apalagi jika anak memang sudah memiliki cita-cita menjadi seorang pemadam kebakaran. Mencoba profesi ini saat ke Kota Kidzania akan bisa memberikannya gambaran bagaimana beratnya dan luar biasanya tanggung jawab dari profesi ini. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE