Jangan Khawatir, Begini Cara Mengatasi Takut Saat Turbulensi

 

naik pesawat

image source: The Telegraph

Beli asuransi perjalanan sebaik apa pun tidak menjamin risiko akan hal-hal yang tidak diinginknan saat bepergian. Namun demikian, asuransi perjalanan yang terbaik dapat membantu Anda untuk menghadapi masalah finansial yang akan dihadapi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Kemana pun Anda pergi, tentunya selalu ada risiko, termasuk ketika saat Anda bepergian dengan menggunakan pesawat. Ada beberapa risiko yang akan dihadapi saat menggunakan transportasi udaara ini, salah satunya turbulensi.

Meskipun menyeramkan, turbulensi sebenarnya wajar terjadi dalam penerbangan. Para pilot pun semestinya sudah tahu apa yang harus dilakukan. Jadi saat terjadi turbulensi, sebaiknya Anda tetap tenang dan berpikir positif. Namun, memang sulit rasanya untuk tetap tenang jika tiba-tiba terjadi guncangan saat naik pesawat. Oleh karena itu, ikutilah beberapa tips di bawah ini yang mungkin dapat membantumu menangani turbulensi saat naik pesawat.

  • Hindari bolak-balik di kabin

Memang ketika dalam keadaan tenang, Anda bisa pergi ke kamar mandi dan berjalan di kabin untuk merenggangkan otot. Apa lagi jika perjalanan jauh, mungkin Anda akan merasa pegal dan bosan jika hanya duduk di kursi. Akan tetapi sebaiknya hindarilah bolak-balik di kabin. Dikhawatirkan saat terjadi turbulensi Anda justru panik karena akan sulit menjaga keseimbangan.

  • Sebaiknya jangan duduk di bagian belakang

Jika Anda bisa memilih lokasi tempat duduk, maka sebaiknya jangan memilih kursi di belakang. Sebab seorang pakar mengatakan bahwa, turbulensi di bagian belakang dapat terasa lebih kuat karena jauh dari pusat gravitasi pesawat. Sebaiknya pilihlah kursi yang berada dekat sayap untuk memanimalisir guncangan.

  • Terbang di pagi hari

Menurut ahli, kemungkinan turbulensi dapat diminimalisir pada pagi hari. Selain itu di pagi hari tubuh Anda masih terasa fresh ketimbang malam hari sehingga akan lebih siap jika terjadi turbulensi.

  • Mengalihkan fokus

Saat turbulensi terjadi, Anda dianjurkan untuk tetap tenang tapi jika Anda kesulitan untuk berpikir positif dan tenang, maka seorang pilot Amerika Serikat menyarankan Anda untuk menulis nama dengan tangan yang berlawanan. Hal ini dipercaya dapat mengalihkan fokus dari rasa takut akan turbulensi.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE