Jangan Lakukan ini Saat Perjalanan Mudik

Lebaran identik dengan perjalanan mudik. Yap, bagi sebagian orang tradisi ini memang sudah menjadi tradisi wajib. Apalagi jika orangtua yang berada di kampung sudah cukup tua, membuat mereka merasa berkumpul dengan keluarga besar dan orangtua di saat Lebaran adalah hal yang sangat penting. Namun, semakin banyaknya orang daerah yang merantau ke kota, membuat perjalanan mudik ini semakin berat saja. Membuat mereka harus lebih mempersiapkan berbagai hal, misalnya menggunakan asuransi perjalanan online, atau hal lainnya.

Jangan Lakukan ini Saat Perjalanan Mudik

Selain mempersiapkan berbagai hal sebelum mudik, ada juga hal lain yang harus kamu ketahui, yaitu hal yang sebaiknya kamu hindari saat perjalanan mudik. Apa saja yah?

  • Emosi (mudah marah)

Saat perjalanan, kamu mungkin akan bertemu dengan berbagai macam karakter orang. Ketika kamu menemukan kondisi pengendara yang menyetir dengan ugal-ugalan atau bahkan membuatmu kesal, cobalah untuk menahan emosimu. Hal ini sangat penting, agar konsentrasimu tidak terpecah saat menyetir. Apalagi, emosi yang tidak terkendali juga bisa membuat tubuhmu menjadi mudah lelah loh. Jadi, akan menghambat perjalanan mudikmu, dan juga bisa berbahaya karena dapat mengurangi kewaspadaanmu saat menyetir.

  • Menyetir dalam kondisi ngantuk

Lelah dan mengantuk saat perjalanan mudik adalah hal yang wajar. Apalagi, jika sudah menghadapi kemacetan panjang sejak awal perjalanan. Padahal, menyetir dalam kondisi seperti ini sangatlah berbahaya karena dapat membuat kita kehilangan kesadaran sesaat dan tidak waspada terhadap kondisi sekeliling. Jika sudah begini, sebaiknya segeralah mencari penginapan murah namun cukup nyaman untuk beristirahat.

  • Kelebihan muatan

Bawa baju, oleh-oleh, sepeda, dan beragam benda lain yang kamu rasa akan kamu gunakan saat di kampung nanti. Akibatnya, bagasi mobil sangat penuh oleh barang, dan bahkan jika bagasi penuh, menaruh barang dibagian atas mobil. Padahal, muatan mobil sudah penuh oleh anggota keluarga yang mudik. Akibatnya, mobil menjadi kelebihan muatan dan kestabilannya pun akan terganggu. Kondisi ini beresiko menjadi penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas. Seandainyapun kamu bisa sampai rumah dengan selamat tanpa terjadi insiden, kondisi ini bisa beresiko merusak mesin, dan bahkan bisa membuat mobil mengalami turun mesin.

  • Salah menata barang

Banyak orang yang membawa barang tidak terlalu banyak, asal saja memasukkan barang-barangnya. Yah, yang penting kan masih bisa masuk. Padahal ini salah loh. Ada beberapa benda yang wajib untuk berada di lokasi yang mudah ditemukan, antara lain kotak perkakas, kotak P3K dan segitiga pengaman. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE