Jangan Lupa Periksa Komponen ini Sebelum Mudik

Wah sebentar lagi lebaran. Apa saja nih yang sudah dipersiapkan untuk keperluan mudik? Bagi beberapa orang yang mudik dengan menggunakan transportasi umum seperti pesawat atau kereta, mungkin sudah mempersiapkannya dengan membeli tiket sejak jauh-jauh hari. Sementara, untuk yang memilih mudik dengan kendaraan pribadi, ganti oli mesin merupakan hal wajib yang harus dilakukan. Jadi jangan heran, jika semakin mendekati lebaran kamu akan melihat bengkel yang semakin dipenuhi oleh kendaraan.

Periksa Komponen ini Sebelum Mudik

Namun, sebenarnya masih ada banyak komponen lain loh yang perlu diperiksa dan jika perlu diganti saat sebelum mudik, antara lain:

  • Filter

Filter dalam sebuah kendaraan tidak hanya ada 1 buah saja, melainkan beberapa buah yang memiliki fungsi mirip, yaitu sama-sama sebagai penyaring. Hanya saja, setiap filter ini memiliki tugas untuk menyaring hal yang berbeda. Misalnya filter bahan bakar yang digunakan untuk menyaring bahan bakar sebelum masuk ke dalam mesin untuk proses pembakaran, filter oli yang berfungsi untuk menyaring oli sebelum masuk ke dalam mesin untuk mengurangi daya gesek mesin, dan juga filter udara yang berfungsi untuk mencegah adanya udara masuk ke dalam ruang bahan bakar. Semua filter ini akan sangat berpengaruh pada daya kerja mesin saat berkendara, karena itulah penting untuk dilakukan pemeriksaan sebelum berkendara jauh saat mudik.

  • Ban

Periksa kondisi ban tidak hanya melihat apakah ban mengalami masalah kebocoran atau tidak. Akan tetapi, Anda juga harus melihat bagaimana kondisi kembang dari ban. Jika permukaan ban sudah terlalu halus, sebaiknya ganti ban dengan yang baru. Karena, ban dengan kondisi seperti ini sangat beresiko, khususnya ketika dikendarai dalam kondisi hujan. Selain itu, periksa juga apakah ban cadangan masih dalam kondisi baik. Jangan pernah berpikir bahwa ban pasti dalam kondisi baik karena tidak pernah digunakan sebelumnya. Karena, hal inilah yang terkadang menjebak seseorang.

  • Rem

Rem merupakan komponen yang sangat penting, dan menjadi salah satu penyebab dari banyaknya kecelakaan yang terjadi dijalan raya. Karena itulah, pemeriksaan rem ini menjadi hal yang wajib dilakukan, karena tidak hanya berdampak pada kendaraan dan diri Anda sendiri, tetapi juga keselamatan dari pengendara lain di jalan.

Sebenarnya, selain ketiga komponen ini masih banyak lagi komponen yang wajib untuk diperiksa, demi keselamatan bersama saat mudik. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE