Jangan Panik Saat Pintu Rumah Tiba-Tiba Terbuka atau Terkunci Sendiri

pintu rumahPintu rumah terbuka sendiri atau tiba-tiba terkunci padahal tidak ada yang menguncinya sering dialami oleh beberapa orang. Hal ini biasanya terjadi pada pintu biasa yang dibuka dengan cara ditarik, bukan pintu geser atau model pintu sliding. Ketika hal ini terjadi, seringkali yang terlintas dipikiran pemilik rumah adalah rumahnya berhantu. Namun, apa benar demikian?

Eits, jangan keburu merasa takut dulu. Sebab ternyata ada loh beberapa penyebab mengapa pintu rumah bisa mengalami kedua hal tersebut. Untuk lebih jelasnya, kita bahas langsung saja yuk!

Pintu rumah terbuka sendiri

Sebenarnya bukan hal yang aneh jika orang selalu mengaitkan fenomena ini dengan hantu, karena banyak sekali film horor dalam negeri maupun luar negeri yang menampilkan adegan ini. Namun sebenarnya, pintu yang terbuka sendiri belum tentu disebabkan oleh hal ghaib seperti itu. Fenomena ini bisa terjadi akibatadanya angin yang sangat kencang.

Kamu tidak bisa memastikan bagaimana arah sirkulasi udara di rumahmu. Terkadang angin yang sangat kencang dan mengalir dari jendela rumah bisa membuka atau menggerakkan pintu di rumah secara otomatis. Tentunya, kondisi membuka secara tiba-tiba ini hanya berlaku jika pintu kamu tidak tertutup secara rapat atau bahkan terkunci. Misalnya kondisi pintunya hanya setengah saja masuk ke dalam kusen pintu.

Tidak hanya fenomena pintu terbuka sendiri saja yang bisa terjadi akibat angin kencang, tetapi juga pintu yang menutup sendiri dengan kencang. Hal ini tergantung pada situasi atau aarah angin yang mengalir di dalam ruangan rumahmu.

Pintu rumah terkunci

Selain pintu rumah yang terbuka atau menutup sendiri, pintu rumah yang tiba-tiba terkunci padahal tidak ada yang melakukannya juga sering diidentikkan dengan hantu. Padahal ada beberapa penyebab terjadinya hal ini, antara lain:

  • Kerusakan kunci pintu

Sebagus apapun kunci pintu rumahmu, tetap saja ada usia pakainya. Jika sudah melewati usia pakai, kerusakan pada sistem pengunciannya mungkin saja terjadi sehingga pintu mengunci secara otomatis.  Apalagi jika kunci rumah yang kamu pilih berkualitas kurang bagus, maka kemungkinan rusak akan semakin besar.

  • Adanya kotoran pada lubang kunci

Selain kualitas kuncinya yang bermasalah, lubang kunci yang kotor juga bisa menjadi penyebabnya. Kotoran ini bisa membuat pintu menjadi sulit dibuka dan seperti terkunci.

Nah, setelah mengetahui penyebabnya, jangan panik atau ketakutan lagi ya jika mengalaminya! (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE