Jauhi Makanan Ini Ketika Hamil

Gizi Ibu HamilTrisemester ketiga adalah periode yang genting di mana seorang ibu bisa mengalami masalah kesehatan yang bisa berakibat pada kehamilannya. Oleh sebab itu, gizi ibu hamil harus terus diperhatikan agar tidak berdampak pada janin yang sedang dikandung. Meski tidak ada pantangan makanan untuk ibu hamil, namun sebaiknya jauhi makanan ini selama proses kehamilan.

  • Kurangi makan cake dan kudapan lain yang mengandung gula. Gula memang baik untu tubuh, namun kalau berlebih juga tidak baik. Seorang ibu hamil harus mengurangi asupan gula karena bisa meningkatkan gula darah dalam tubuh. Boleh menyantap cokelat, kue-kue, dan camilan lainnya tetapi hanya dalam batas normal.
  • Kurangi makanan yang mengandung garam berlebih. Garam memang bumbu perasa yang selalu ditambahkan ke dalam setiap masakan. Namun bukan berarti kita harus mengonsumsinya secara berlebih. Konsumsi garam yang berlebihan bisa berdampak pada tekanan darah tinggi.
  • Daging mentah. Selalu masak daging ayam, daging ikan, atau bahkan daging sapi hingga matang. Sebab daging yang setengah matang atau bahkan mentah merupakan tempat yang sering menjadi sasaran bakteri untuk bersarang.
  • Ikan yang mengadung merkuri. Ikan yang mengandung omega 3 memang baik untuk perkembangan janin di dalam perut. Namun, tahukah Anda kalau beberapa ikan juga memiliki kandungan merkuri di dalamnya? Berhati-hatilah dalam memilih ikan. Alih-alih mendapat ikan segar yang bermanfaat, malah mendapat ikan dengan kandungan berbahaya karena kita tidak jeli dalam memilihnya. Merkuri bisa menyebabkan kerusakan saraf, loh.
  • Makanan instan. Di tengah kesibukan, kita memang lebih sering mengonsumsi makanan yang instan karena mudahnya proses pembuatan dan siap saji. Namun, ketika sedang mengandung sebaiknya kurangi konsumsi makanan instan karena makanan instan mengandung banyak pengawet dan MSG. MSG sendiri meski dikategorikan aman oleh FDA (Food and Drug Administration)bisa menimbulkan efek samping seperti pusing atau mual.

Umumnya, ketika memasuki trisemester ketiga, rasa mual yang dialami ibu hamil secara berangsur-angsur sudah berkurang. Dengan demikian, mulailah mengonsumsi buah dan sayuran secara kontinu untuk menambah vitamin dan protein pada tubuh.

Nah, selain menjaga makanan yang dikonsumi, ibu juga perlu menjaga penampilannya. Siapa bilang hamil gede tidak bisa modis? Tampil cantik saat hamil gede bukanlah sebuah hal yang mustahil terutama saat ini sudah banyak baju hamil modis yang bertebaran di pasar, toko dan mal.  Asalkan ibu tahu cara memadukan warna, semuanya bisa. Ingat, pilih pakaian yang nyaman.(TR)

3 thoughts on “Jauhi Makanan Ini Ketika Hamil

  1. Pingback: Daftar dan Panduan Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda

  2. Pingback: Amankah Mengonsumsi Roti Setiap Hari? | ViTazVita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE