Jenis Karpet Yang Sering Digunakan Untuk Lapangan Futsal

Ketika anda bermain sepak bola di lapangan futsal. Pasti anda menemukan berbagai jenis lantai yang berbeda-beda di setiap lapangan futsal yang anda kunjungi. Anda pasti terheran-heran bahan jenis apakah yang digunakan, karena terlihat begitu empuk dan tidak licin ketika anda bermain futsal. Di beberapa tempat futsal pun menggunakan karpet futsal yang berbeda jenis di setiap lapangannya. Ada yang menggunakan Karpet Vinyl, Karpet Parquette, dan Karpet M Court Interlock Flooring.

Berikut ini sedikit penjelasan tentang jenis karpet yang sering digunakan oleh lapangan futsal:

  • Karpet Vinyl

Lapangan futsal yang memakai jenis ini mempunyai sedikit kelebihan, karena teksturnya yang begitu empuk sehingga memberikan rasa nyaman ketika digunakan bermain futsal. Karpet jenis ini sering disebut dengan rubber karena bahannya seperti karet yang empuk. Bahannya yang memang agak mirip dengan karet membuat jenis karpet futsal yang satu ini menjadi empuk dan sangat nyaman.

Jenis Karpet Lapangan Futsal

Kelebihan dari karpet jenis ini yaitu hasil lapangan yang rata sehingga bola melaju dengan alur yang cepat, karpet vinyl juga sangat empuk dan nyaman. Dibalik kelebihannya terdapat pula kekurangannya yaitu jika sudah lama digunakan permukaan akan berubah menjadi tidak rata, ada beberapa sepatu yang tidak bisa digunakan untuk bermain di atas karpet vinyl, maka jika terjatuh bisa menyebabkan luka pada bagian paha dan pinggul.

  • Karpet Parquette

Jenis yang satu ini tidak begitu populer di Indonesia, namun di Amerika dan Eropa anda akan sangat mudah menemukan lapangan futsal yang menggunakan karpet parquette ini. Karpet yang satu ini terbuat dari kayu yang memang sudah sejak lama digunakan dan biasanya digunakan di GOR.

Seperti jenis karpet lainnya, karpet parquette ini juga memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Kelebihan dari karpet parquette yaitu permukaanya yang kesat membuat anda tidak mudah terjatuh di saat berlari diatasnya. Permukaan yang kesat membuat anda aman berlari. Sedangkan kelemahannya yaitu karena terbuat dari kayu maka karpet yang satu ini sangat keras, mudah rusak karena kelembaban, dan jika sudah rusak sangat membahayakan pemain.

  • Karpet M Court Interlock Sport Flooring

Jenis karpet yang satu ini terbuat dari high impact copolimer. Kelebihannya yaitu ukuran panjang 25 cm x lebat 25 cm dan tebal 1.3 cm apabila ada yang rusak hanya tempat dimana kerusakan yang di ganti dan bisa di ganti sendiri tanpa menunggu installer yang ganti.

Untuk bermain futsal di lapangan ini bisa membuat bola melaju dengan cepat karena permukaan yang rata, selain itu lapangan ini juga tidak licin. Kelemahannya yaitu jika ada cor-coran semen tidak rata maka permukaan lantai atau karpet ini akan mengikutinya.

Terima Kasih, –Sh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE