Jenis Modem Berdasarkan Pemasangannya

Jenis Modem InternetTeknologi internet menjadi teknologi yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat saat ini. Bahkan, ketika berada di rumahpun kita tetap membutuhkan internet untuk dapat mengakses berbagai informasi. Tidak jarang, untuk memenuhi kebutuhan internetnya mereka memasang jaringan internet rumah murah yang memiliki koneksi internet lebih cepat, dibandingkan dengan provider yang digunakan pada smartphone-nya. Hal ini dilakukan agar mereka selalu dapat terkoneksi internet dengan baik dimanapun mereka berada.

Ketika membicarakan tentang penggunaan internet rumah, selain harus memperhatikan provider internet yang murah, penggunaan modemnya juga harus diperhatikan. Berbeda dengan penggunaan internet yang bersifat mobile (internet pada smartphone), untuk dapat menikmati fasilitas internet di rumah kita pasti akan membutuhkan bantuan sebuah alat bernama modem. Alat berfungsi untuk merubah komunikasi dua arah dari sinyal digital ke sinyal analog ataupun sebaliknya.

Ada berbagai macam jenis model, tergantung pada pengklasifikasiannya. Namun, jika kita lihat dari cara dan lokasi pemasangannya, modem dapat dibagi menjadi 2 jenis, yaitu:

  • Modem Internal

Sesuai dengan namanya, modem internal ini berlokasi pada bagian dalam komputer, baik PC maupun laptop. Modem internal ini berbentuk seperti papan yang memiliki banyak jaringan dan akan dipasangkan pada salah satu slot di motherboard. Hampir seluruh komputer dan laptop memiliki modem internal ini, namun karena fungsinya yang lebih terbatas membuat modem ini mulai jarang digunakan. Selain dikenal dengan nama modem internal, modem ini juga dikenal dengan nama modem on board.

  • Modem Eksternal

Modem ini adalah salah satu jenis model yang paling sering kita temui penggunaannya. Modem ini terletak pada bagian luar komputer, dan biasanya terhubung pada slot USB dan kabel LAN. Namun, pada beberapa jenis modem eksternal kita hanya perlu menghubungkannya pada slot USB dan modempun sudah siap untuk digunakan. Modem ini memiliki beragam bentuk dan ukuran. Jika jaringan internet yang kita gunakan adalah jaringan internet kabel, maka biasanya ukuran modem akan lebih besar. Namun, jika jaringan internet yang digunakan adalah jaringan wireless maka ukuran modem akan lebih kecil dan praktis. Bahkan, bentuknya hampir menyerupai flash disk biasa, hanya saja di dalam modem terdapat sebuah slot untuk memasukkan sim card dari provider internet yang kita gunakan. (Yv)

One thought on “Jenis Modem Berdasarkan Pemasangannya

  1. Pingback: Karakter Paling Berkesan Di The Walking Dead

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE