Kapan Ya Waktu Tepat Berinvestasi?

Ketika berbicara mengenai investasi, mungkin kamu dan orang sekitarmu bisa memiliki pendapat berbeda mengenai waktu yang tepat untuk berinvestasi. Ada yang mengatakan untuk memulainya sesegera mungkin, namun banyak juga yang menganggap bahwa investasi bisa dilakukan kapanpun.

Sebenarnya, memang investasi bisa kamu lakukan kapanpun. Asalkan pada saat kamu ingin memulainya kamu sudah memiliki modal yang cukup. Namun, sebenarnya akan lebih baik jika investasi dilakukan secepatnya saat kamu masih berada dalam usia produktif. Alasannya karena semakin cepat kamu melakukan investasi, maka hasil yang kamu dapatkan akan semakin besar karena jangka waktu investasi yang panjang. Selain itu, dengan cepat membuat keputusan akan membuat keraguanmu menjadi hilang. Sebab hal inilah yang sering kali membuat seseorang mengundur rencana investasinya hingga akhirnya tidak jadi berinvestasi dan merasa menyesal dikemudian hari.

Waktu Investasi

Investasi yang dilakukan sejak awal masa produktif juga akan menurunkan kemungkinanmu mengalami stres akibat kegagalan. Sebab tidak ada investasi yang tidak memiliki risiko, dan investasi bukanlah sesuatu yang mudah untuk dipahami. Bisa saja, seseorang berhasil disatu bidang investasi namun tidak denganmu. Jika kamu sudah mulai berinvestasi sejak dini, kamu akan bisa belajar dari kegagalan investasi yang kamu alami. Kamu juga tidak akan terlalu stres karena pada meskipun mengalami kegagalan, kamu masih memiliki dana yang cukup dari penghasilanmu yang lain. Kamu hanya perlu menyisihkan kembali uangmu untuk mencoba investasi kembali.

Jika kamu benar-benar masih awam dengan investasi, kamu bisa meminta bantuan lembaga pengelola investasi. Jangan berpikir bahwa investasi melalui mereka membutuhkan modal yang besar karena saat ini kamu bisa memulai investasi bahkan dengan uang 100 ribu rupiah. Namun tentu saja, jika modalmu sedikit jangan terlalu berharap akan keuntungan yang besar.

Meskipun demikian, modal ini bisa dikatakan sebagai modal awal pembelajaran. Jadi jika kamu gagal juga tidak akan mengalami kerugian terlalu besar. Namun dengan mempelajarinya secara langsung, kamu akan mengetahui beberapa poin penting seputar investasi yang tidak akan kamu temukan dalam teori. Jika kamu sudah merasa yakin paham tentang investasi, saatnya kamu mulai menambahkan jumlah modal yang akan kamu investasikan. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE