Karpet Khusus ini Digunakan untuk Melindungi Rumput GBK

Rumput SintetisKonser boyband asal Inggris, One Direction, di Indonesia yang akan diadakan pada 25 Maret mendatang menuai protes dari beberapa pihak. Mereka menganggap konser yang rencananya akan diadakan di Gelora Bung Karno ini akan membawa kerusakan pada rumput di lapangan. Tidak bisa dipungkiri memang, berbeda dengan rumput sintetis,  rumput asli pada Gelora Bung Karno memang bisa saja rusak bila terinjak-injak oleh banyaknya penonton konser yang akan memenuhi lapangan tersebut pada saat konser berlangsung.

Meski begitu, Ismaya Live selaku promotor konser ini menjamin konser yang diperkirakan akan dihadiri oleh sekitar 40 ribu penonton ini tidak akan merusak rumput yang ada di GBK. Hal ini juga didukung oleh pernyataan dari pengelola kompleks GBK yang menjelaskan bahwa pada saat berlangsungnya konser, arena rumput GBK nantinya akan dituutpi dengan karpet pelindung rumput (grass protection mats) yang sudah sesuai dengan standar International Olympic Comitee (IOC).

Dijelaskan lebih lanjut, penggunaan ribuan karpet pelindung rumput ini dilakukan untuk menjaga agar permukaan lapangan rumput tetap rata meski dengan adanya beban di atasnya. Karpet yang digunakan memiliki rongga di atasnya sehingga masih memiliki sirkulasi udara yang baik yang dibutuhkan oleh rumput.

Karpet pelindung rumput yang digunakan pada konser ini pun jjuga sama dengan yang dilakukan pada stadion-stadion besar lainnya di luar negeri yang sering digunakan untuk mengadakan konser, seperti Stadion Rio de Janeiro dan Stadion Wembley. Pengunaan karpet pelindung ini memang merupakan syarat yang diberikan oleh pengelola kompleks GBK bagi promotor konser.

Selain pada konser One Direction nanti, penggunaan karpet pelindung rumput ini pun sudah pernah dilakukan sebelumnya. Misalnya saja pada saat konser band metal asal Amerika Serikat, Metallica, pada Agustus 2013 lalu,  yang menggunakan sekitar 7000 karpet pelindung rumput. Selain pada konser musik, grass protection mats juga digunakan pada saat kampanye akbar partai yang dilakukan pada musim pemilihan umum 2014 lalu. Pada saat itu, Partai Gerindra menggunakan stadion GBK untuk melakukan kampanye akbar yang dihadiri oleh ribuan simpatisan partai dari wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Bila ditilik, penggunaan stadion GBK sebagai tempat untuk konser dan acara besar lainnya bukan hanya baru dilakukan baru-baru ini. GBK bahkan pernah menjadi tempat digelarnya konser Mick Jagger pada tahun 1988. Jadi, sudah pasti pengelola telah mengetahui dan paham bagaimana cara untuk menjaga keasrian rumput stadion kebanggan Indonesia tersebut. (raw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE