Keamanan pada Teknologi Cloud Computing

Teknologi komputasi Cloud computing memungkinkan klien atau user untuk menggunakan resource (network, servers, storage, applications dan services) dalam sebuah jaringan yang sama dan bekerja menggunakan internet. Di Indonesia sendiri sudah mulai banyak perusahaan yang mulai menyediakan jasa cloud computing atau Cloud Server Indonesia ini untuk banyak perusahaan atau organisasi di Indonesia.

keamanan cloud computingTeknologi ini bernama “cloud” yang berarti awan karena mengacu pada awan yang sering digunakan dalam gambar diagram jaringan komputer. Awan dalam teknologi ini juga merupakan abstraksi dari infrastruktur rumit yang tersembunyi.

Cloud computing ini merupakan dasar dari terbentuknya cloud storage, yaitu sebuah media penyimpanan seluruh data yang disimpan ke dalam akun cloud. Dengan teknologi ini maka seluruh data akan dikumpulkan dan disimpan dalam satu wadah, user akan dapat mengakses data tersebut melalui internet. Kemananan data merupakan salah satu keuntungan dalam menggunakan jasa cloud computing. Meski begitu, saat sebuah perusahaan memutuskan untuk mulai menggunakan teknologi ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan terkait dengan keamanan data tersebut, yaitu:

Keamanan terhadap kehilangan data.

Kehilangan data milik user ini bisa di sebabkan oleh beberapa hal, antara lain:

  • Perusahaan penyedia jasa mengalami kebangkrutan hingga akhirnya perusahaan tersebut harus tutup. Jika hal ini sampai terjadi, maka seluruh data user yang tersimpan dalam storage perusahaan tersebut secara otomatis akan hilang dan user tidak dapat menuntut pertanggung jawaban apapun.
  • Lokasi penyimpanan data center mengalami bencana atau musibah yang membuat seluruh perangkat server hancur dan tidak dapat diperbaiki secara normal lagi.
  • Untuk mengatasi kedua hal ini, cari informasi terlebih dahulu mengenai reputasi serta tanggungjawab dari perusahaan penyedia jasa yang akan kita gunakan.

Keamanan terhadap kebocoran data

  • Terjadi tuntutan oleh satu pihak pada perusahaan penyedia jasa hingga akhirnya pihak tersebut mendapat ijin khusus untuk dapat mengakses keseluruhan data yang tersimpan dalam storage perusahaan tersebut. Untuk mengantisipasi hal ini, sebaiknya gunakan enkripsi pada setiap data yang disimpan, sehingga siapapun yang memasuki jaringan kita, data akan tetap aman.

Keamanan dari Virus, Hacker, dan sebagainya

  • Perusahaan penyedia jasa tidak dapat mengelola infrastruktur, fisik, serta akses kontrol dengan baik sehingga menyebabkan server dapat terserang oleh virus, atau di hack oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Untuk mengatasinya, carilah provider yang sudah memiliki reputasi baik dan bertanggungjawab. (Yv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE