Kegagalan Arsitektur Pada Bangunan di Inggris

Dianggap sebagai bangunan yang gagal secara arsitektur memang memalukan. Tidak ada satu arsitektur pun yang bermimpi karyanya akan dicap sebagai bangunan yang gagal. Untuk itu, proses pematangan desain arsitektur selalu memakan waktu yang cukup lama karena harus melalui berbagai pertimbangan. Tengok saja para developer property Indonesia kita. Mereka semua menjalani penggodokan konsep matang-matang agar arsitekturnya tidak dianggap sebagai kegagalan.

Kegagalan Arsitektur Pada Bangunan di Inggris

Namun demikian, ternyata ada lho bangunan yang dianggap sebagai kegagalan di dunia ini. Terlebih di Inggris, sebuah negara yang sering dijadikan sebagai kiblat dunia arsitektur. Penasaran dengan bangunan apa saja?

M16 Building, London

Inggris biasa dikenal sebagai negara yang memiliki gedung-gedung kuno abad pertengahan yang sangat memukau dari segi arsitektur. Namun, siapa sangka jika M16 Building disebut-sebut menjadi bangunan terburuk menurut para arsitek dunia? Yap, kantor SIS atau Secret Intelligent Service yang berada di M16 Building ini terus menerus masuk ke dalam daftar The World ‘Ugliest’ Buildings.

Pasalnya, gedung ini berbentuk aneh dan asimetris layaknya susunan lego yang dibuat oleh anak umur lima tahun. Perpaduan warna cokelat pastel dengan hijau tuanya pun membuat gedung ini terlihat kusam. Sama sekali tidak mencerminkan kewibawaan dari kantor government intelligence agencies.

Lincoln Plaza, London

Sepintas, bangunan ini memang terlihat modern dengan aksen kubismenya yang sangat kental. Gedung apartemen yang terdiri atas 31 lantai ini memiliki klub kesehatan, private movie teater, dan juga taman untuk dimanfaatkan oleh para penghuninya. Hanya saja, desain gedung Lincoln Plaza ini sangat dikritik oleh para arsitek dunia.

Pasalnya, gedung ini ditengarai tidak memiliki konsep yang jelas dan mengandung cheap visual gimmick yang seharusnya tidak boleh ada dalam desain gedung. Para arsitek juga menyebutkan bahwa Lincoln Plaza memiliki bentuk fasad gedung yang aneh, chaotic, dan adhesive balconies.

Liverpool Metropolitan Cathedral, Liverpool

Menurut beberapa sumber, ketika katedral ini pertama dibuka pada tahun 1967, keramik-keramik mosaik mulai berjatuhan dan atapnya pun bocor. Tidak diketahui apa penyebab semua ini, apakah karena konstruksinya yang sangat buruk atau karena bangunannya yang sudah tua.

Bicara tentang kesan pertama yang mengerikan, bagian eksterior dari Liverpool Metropolitan Cathedral ini memang sangat tidak menarik dan tidak mengundang perhatian orang. Modelnya sangat tidak jelas dan jarang sekali dikunjungi oleh wisatawan.

Nah, bagaimana menurutmu? Jika sebuah bangunan dianggap sebagai sebuah kegagalan, lantas apa yang harus dilakukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE