Kelebihan Auto Lubrication System Pada Industri

auto lubrication systemLubrication system atau sistem pelumasan bukan hanya dibutuhkan oleh kendaraan saja tetapi juga oleh alat berat yang digunakan pada berbagai industri, termasuk industri pertambangan. Oleh sebab itu, setiap industri pertambangan pasti memerlukan penyedia lubrication system Indonesia. Mengapa demikian? Sebab pelumas memiliki berbagai fungsi dalam penggunaan alat berat. Ini dia beberapa di antaranya:

  • Mengurangi gesekan (friksi). Dua permukaan logam pada alat berat yang bergerak antara satu sama lain menyebabkan gesekan. Pelumas diperluakan untuk mengurangi gesekan pada permukaan logam.
  • Mendinginkan mesin. Selain itu, pelumas juga dibutuhkan unuk menurunkan suhu mesin yang panas. Caranya adalah dengan menyalurkan panas akibat gesekan dan pembakaran.
  • Membersihkan mesin. Pelumas juga dapat mengangkut kotoran dan elemen logam.
  • Menghemat bahan bakar.Memaksimalkan kompresi dan mempertahankan tekanan, sehingga penggunaan bahan bakar dapat lebih hemat.

Nah, kini sudah banyak industri pertambangan yang menerapkan auto-lubrication system dan bukan lagi secara manual. Auto-lubrication system merupakan bagian dari sistem kerja sebuah mesin. Sistem ini bekerja secara otomatis dengan mengikuti setting interval yang ditetapkan oleh teknisi. Sistem ini juga sering disebut sebagai sistem pelumasan terpusat yang dapat mengendalikan jumlah pelumas ke beberapa lokasi pada waktu yang ditentukan saat mesin beroperasi.

Ada beberapa komponen yang dibutuhkan untuk menerapkan sistem pelumasan otomatis, yakni seperti: controller, tangki, selang, pipa, pompa dan katup. Peluasan otomatis ini fokus untuk melumasi komponen yang sering mengalami gesekan seperti beaering, bushing dan pin yang terdapat pada alat berat. Nah, sekarang mari kita bahas apa saja kelebihan yang dimiliki oleh auto-lubrication system ini. Berikut inilah beberapa kelebihan yang didapatkan saat memanfaatkan auto-lubrication system:

  • Auto-lubrication system dapat memastikan berapa banyak pelumas yang digunakan secara akurat. Hal ini dapat mengurangi risiko penggunaan pelumas yang berlebihan sehingga dapat menghemat cost.
  • Dengan sistem pelumasan otomatis, pelumas jadi lebih mudah diaplikasikan meski pada bagian yang sulit dijangkau atau lokasi yang berbahaya.
  • Memastikan ketepatan jumlah, waktu, dan lokasi pada penggunaan pelumas.

Jadi pada dasarnya, auto-lubrication system memungkinkan pelumasan alat berat secara lebih mudah, praktis, dan akurat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE