Kenali Gejala RAM Komputer Bermasalah

Sedang menggunakan internet kantor lalu tiba-tiba komputer mengalami hang dan tidak bisa diapa-apakan. Wah, rasanya pasti sangat menyebalkan sekali. Apalagi, jika kamu sedang dikejar oleh deadline pekerjaan. Kalau sudah begini hanya ada dua cara yang bisa kamu lakukan, yaitu mendiamkannya sampai komputer kembali normal atau melakukan shut down secara paksa dan kemudian menyalakannya lagi.

Masalah seperti ini pada komputer sebenarnya bisa disebabkan karena beberaopa hal, salah satunya yaitu kerusakan RAM (Random Access Memory). RAM sendiri merupakan komponen pada PC, Laptop ataupun smartphone yang berfungsi untuk menyimpan data sementara, misalnya saat membuka aplikasi. Komponen ini berperan penting pada fungsi kerja PC dan perangkat sejenis lainnya, karena itulah ketika RAM mengalami kerusakan maka akan menyebabkan masalah pada kemampuan perangkat dalam melakukan tugasnya.

RAM Komputer

Selain dari perangkat yang sering mengalami hang pada saat digunakan, ada beberapa gejala lain yang menunjukkan bahwa RAM bermasalah dan sudah mengalami kerusakan, yaitu:

  1. Perangkat sering mati mendadak

Perangkat yang sedang digunakan tiba-tiba saja mati mendadak tanpa adanya peringatan atau error terlebih dahulu atau terkadang perangkat juga mengalami restart otomatis.

  1. Kerja perangkat terasa lambat

Banyak yang memutuskan untuk melakukan format ulang pada perangkatnya karena merasa kinerjanya mulai lambat. Daripada harus menghapus aplikasi satu per satu, cara ini dipilih karena terasa jauh lebih praktis. Akan tetapi, pada perangkat yang mengalami masalah RAM, meskipun kamu sudah melakukan format berulang kali tidak akan ada pengaruhnya.

  1. Sering muncul error pada sistem operasi maupun aplikasi

Mungkin kamu pernah mengalami masalah ini, sedang asik bermain game atau membuka aplikasi lalu tiba-tiba muncul pesan error dan aplikasi ditutup secara paksa. Atau, kamu sedang ingin menginstal sebuah aplikasi namun terus mengalami gagal tanpa alasan yang jelas. Jika iya, sebaiknya segera cek RAM perangkatmu apakah masih berfungsi normal atau tidak.

  1. Munculnya bunyi pada saat perangkat baru dinyalakan

Jangan panik jika muncul suara “bip bip” berulang atau panjang saat perangkatmu, terutama PC dan laptop, baru dinyalakan. Sebab, ini merupakan tanda pasti bahwa RAM sudah mengalami kerusakan dan harus segera diganti.

  1. Perangkat mengalami blue screen

Sesuai namanya, blue screen adalah kondisi dimana layar komputer tiba-tiba berubah menjadi layar biru dengan banyak pesan error berwarna putih. Blue screen ini sering kali muncul mendadak ketika kamu sedang menggunakan perangkat. Namun, blue screen juga bisa muncul akibat dari proses shut down yang tidak berlangsung sempurna.

Jika kamu menemukan beberapa gejala di atas, maka sebaiknya segera periksa kondisi komponen perangkatmu. Jangan langsung mengganti RAM, kecuali untuk tanda nomor 4, karena beberapa gejala tersebut juga bisa menandakan adanya kerusakan pada komponen lain. Membawanya ke tempat servis atau bertanya pada ahlinya merupakan cara paling tepat untuk menghindarkanmu dari kemungkinan mengalami kerugian. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE