Kerugian yang Akan Muncul Jika Oli Mesin Tidak Diganti

Apakah Anda sering mengabaikan waktu mengganti oli mesin pada sepeda motor? Jika jawabannya, ya. Maka, sebaiknya Anda harus berhati-hati akan tindakan Anda saat mengabaikan penggantian oli mesin untuk sepeda motor ini. Kenapa? Diabaikannya penggantian oli ini, hanya akan menimbulkan kerugian yang sangat banyak pada sepeda motor. Lain halnya jika Anda sering mengganti oli mesin pada sepeda motor, maka sisa oli bekas sepeda motor pun bisa Anda manfaatkan untuk hal-hal penting.

Kerugian Jika Oli Tidak Diganti

Lantas, apa sajakah kerugian yang akan muncul apabila Anda sering mengabaikan waktu bahkan tidak mengganti oli mesin pada sepeda motor Anda? Check it dot:

  • Merusak Komponen Mesin Sepeda Motor. Saat Anda mengabaikan penggantian oli mesin atau malahan tidak diganti oli mesinnya, tidak menutup kemungkinan akan merusak komponen mesin yang ada di sepeda motor Anda. Rusaknya komponen mesin pada sepeda motor ini, membuat tarikan motor menjadi berat terutama motor jenis matic. Dengan adanya kerusakan pada komponen mesin mau tak mau Anda harus mengeluarkan uang lebih ketika menggantinya dengan yang baru. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya janganlah malas mengganti oli mesin.
  • Lebih Boros Bahan Bakar Minyak. Ternyata, diabaikan atau tidak digantinya oli mesin pada sepeda motor, akan menimbulkan resiko dimana akan mengonsumsi bahan bakar minyak lebih boros lagi. Alasannya, dikarenakan adanya gesekan yang terjadi pada komponen mesin di sepeda. Jika sudah terjadi gesekan, hanya membuat tarikan mesin semakin berat dan membutuhkan banyak bahan bakar minyak.
  • Membuat Usia Mesin Lebih Pendek. Kerugian yang akan ditimbulkan apabila mengabaikan atau jarang mengganti oli mesin pada sepeda motor yaitu membuat usia mesin sepeda motor lebih pendek. Pendeknya usia mesin akan mengakibatkan sepeda motor cepat rusak dan harus diperbaiki ke bengkel.
  • Menurunnya Kinerja Mesin Pada Sepeda Motor. Apabila Anda selalu mengabaikan bahkan hampir tidak menggantinya, maka hanya akan membuat turunnya kinerja pada mesin sepeda motor Anda. Dengan turunnya kinerja mesin ini, tidak menutup kemungkinan sepeda motor pun akan rusak dan bahkan terkadang tidak bisa dipakai lagi.
  • Mengharuskan Turun Mesin. Jika Anda tidak pernah dan selalu mengabaikan penggantian oli mesin, akan menyebabkan turunnya mesin pada sepeda motor. Turunnya mesin, akan menjalar ke komponen-komponen lainnya di sepeda motor yang hanya mengakibatkan kerusakan parah pada sepeda motor Anda.

Nah, supaya tidak terjadi kerusakan pada sepeda motor Anda. Maka, janganlah Anda selalu mengabaikan bahkan tidak mengganti oli mesin pada sepeda motor Anda! –SH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE