Kesalahan dalam Asuransi Jiwa yang harus Dihindari

Memiliki asuransi jiwa merupakan suatu kebutuhan yang tidak bisa diremehkan. Keadaan lingkungan dan masyarakat saat ini yang mulai tidak sehat membuat resiko terhadap jiwa dan kesehatan Anda juga semakin besar. Perlindungan dari asuransi inilah yang nantinya akan membantu keluarga Anda ketika Anda atau pasangan Anda telah tiada nanti.

asuransi jiwaLalu bagaimana memilih asuransi sesuai kebutuhan? Misalnya saja untuk produk asuransi jiwa, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam asuransi ini adalah ada beberapa kesalahan dalam membeli asuransi jiwa yang harus dihindari agar asuransi yang dimiliki tidak kemudian malah merugikan nantinya. Kesalahan tersebut di antaranya adalah:

Memilih besaran uang pertanggungan asuransi yang terlalu kecil
Ingatlah untuk membeli asuransi dengan pertanggungan sebesar 10 hingga 12 kali pendapatan tahunan Anda. Apalagi bila Anda merupakan tulang punggung utama dalam keluarga. Maka pasangan dan anak-anak Anda nantinya harus bisa terjamin segala kebutuhannya dalam jangka waktu yang lama setelah Anda tiada. Pastikan jumlah asuransi Anda sanggup untuk menjamin kehidupan pasangan dan anak-anak Anda hingga mereka bisa menentukan kehidupan mereka selanjutnya. Jangan lupa untuk juga membeli asuransi untuk pasangan Anda, meskipun ia tidak bekerja.

Menunggu terlalu lama untuk membeli asuransi
Bila Anda menunda-nunda untuk membeli asuransi, berarti Anda membiarkan keluarga Anda rentan dengan risiko bila terjadi sesuatu pada Anda. Apalagi, jumlah premi asuransi yang harus dibayarkan oleh Anda akan semakin tinggi semakin lama Anda menunda pembelian asuransi. Karenanya, akan lebih baik bila Anda secepatnya membeli asuransi lebih dini, sehingga bisa menghemat biaya yang harus dikeluarkan.

Belum lagi, semakin lama Anda menunda maka akan semakin tua kita dan semakin besar pula resiko terhadap kesehatan kita. Ini bisa juga meningkatkan biaya asuransi Anda, bahkan bisa saja membuat Anda tidak kompatibel untuk bisa membeli asuransi.

Membeli asuransi dengan term atau jangka waktu yang terlalu singkat

Mungkin Anda membeli asuransi berjangka pendek dengan tujuan untuk menghemat biaya. Namun, coba bayangkan Anda membeli asuransi jangka pendek untuk 10 tahun saja, dan kemudia Anda memiliki masalah kesehatan pada 10 tahun kemudian, yang artinya akan meningkatkan biaya asuransi Anda selanjutnya. Atau bisa saja lebih buruk lagi, yakni Anda dianggap tidak memenuhi persyaratan asuransi.
Dengan menghindari keselahan tersebut, diharapkan asuransi jiwa Anda akan sesuai dengan kebutuhan keluarga. (raw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE