Ketahui Aturan Penting Saat Wisata ke Pura di Bali

pura di baliMayoritas penduduk Bali beragama Hindu, itulah mengapa ada banyak sekali Pura di pulau tersebut. Beberapa di antaranya tertutup untuk umum tetapi banyak juga Pura yang dijadikan tempat wisata. Khususnya Pura yang memiliki keunikan tertentu atau berada di dekat sebuah objek wisata. Hal menarik lainnya yaitu, meskipun sama-sama Pura tetapi tempat ibadah ini pastinya memiliki keistimewaan masing-masing yang membuatnya menarik untuk dikunjungi. Inilah alasan mengapa tamu yang menginap di hotel sunset road Bali dengan tujuan wisata tetap saja tertarik untuk mengunjungi berbagai Pura yang ada di pulau ini.

Bagaimana dengan Anda? Apakah tertarik untuk berkeliling Pura dan menikmati langsung perbedaan suasananya saat berwisata ke Bali? Jika iya, ada baiknya Anda mengetahui beberapa peraturan penting ini terlebih dahulu:

Pakaian

Sama halnya dengan memasuki rumah ibadah agama apapun, Anda harus mengenakan pakaian yang rapi dan sopan. Jika Anda benar-benar ingin mengikuti aturannya, Anda juga boleh melakukannya. Namun Anda juga boleh mengenakan pakaian yang Anda miliki selama masih sopan. Seandainya Anda sudah terlanjur mengenakan pakaian yang agak terbuka, tidak perlu khawatir karena biasanya di pintu masuk akan disediakan penyewaan kain yang harus digunakan saat masuk ke area Pura.

Kondisi

Ada beberapa kondisi yang membuat seseorang tidak diperkenankan masuk ke area Pura, yaitu:

  • Perempuan yang sedang datang bulan
  • Perempuan yang baru saja melahirkan
  • Bayi yang belum melalui acara tiga bulanan
  • Seseorang yang anggota keluarganya baru saja meninggal
  • Seseorang yang sedang memiliki luka yang berdarah maupun pendarahan

Orang-orang yang sedang berada dalam kondisi tersebut dianggap berada dalam kondisi yang kotor sementara Pura adalah tempat yang suci. Memang beberapa kondisi tersebut hanya Anda saja yang tahu sehingga Anda mungkin bisa berbohong. Namun, artinya Anda tidak menghargai mereka dan tentu saja hal tersebut sangat tidak diperbolehkan.

Rambut

Saat memasuki wilayah Pura, Anda juga tidak diperkenankan membiarkan rambut terurai begitu saja. Anda wajib untuk mengikatnya dengan rapi. Alasannya, rambut yang terurai dianggap menyiratkan birahi, kemarahan, kesedihan, dan juga ilmu hitam.

Meskipun memiliki cukup banyak aturan, tetapi sebenarnya beberapa aturan di atas bukanlah hal yang sulit untuk Anda ikuti. Hal penting lainnya yaitu, Pura yang berada di Bali dan dijadikan tempat wisata masih tetap aktif dijadikan tempat beribadah umat Hindu. Jadi jika seandainya Anda berkunjung ke salah satu Pura dan sedang ada kegiatan agama di sana, pastikan untuk tidak mengganggu kegiatan tersebut. Selamat berwisata!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE