Ketahui Hal Ini Sebelum Membeli Rumah Inden!!

Pernahkan kamu tertarik untuk membeli rumah inden ? Atau apa itu rumah inden ? Rumah inden merupakan rumah yang belum selesai dibangun atau baru akan dibangun. Tidak sedikit masyarakat yang tertarik untuk membeli rumah inden. Rumah yang masih belum selesai dibangun atau baru saja dibangun menjadi daya tarik tersendiri. Hal ini pun disenyalir memiliki keuntungan yang cukup bagus. Apa saja keuntungan yang akan didapatkan dengan membeli rumah inden?

Membeli Rumah Inden

Mendapatkan nilai jual rumah dengan harga perdana. Jumlahnya tentu lebih murah dibandingkan dengan membeli rumah yang sudah selesai dibangun.

  1. Uang muka atau DP dapat dicicil dengan ketentuan yang sudah disepakati oleh penjual atau pihak pengembang rumah.
  2. Mulai mencicil dengan KPR atau Kredit pemilikan Rumah sejak awal, dengan begitu ketika rumah sudah rampung dan selesai dibangun, bisa langsung ditempati kerena jumlah cicilan yang harus dibayar hanya tersisa sedikit lagi.
  3. Tata letak ruangan rumah inden bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan, sehingga kamu akan memiliki bentuk rumah sesuai dengan rrumah impianmu.
  4. Kamu bisa secara langsung melihat proses pembangunan rumahmu sendiri. Layaknya kamu sendiri yang melakukan pembangunan. kamu bisa memeriksa proses para pekerja membuat rumah inden yang kamu inginkan.

Meskipun memiliki keuntungan dan kelebihan yang cukup banyak dan bisa dibilang sangat membuatmu puas. Namun nyatanya kamu harus selalu hati – hati dan waspada ketika memilih dan membeli rumah inden. Bayangkan ketika kamu memutuskan untuk membeli rumah tersebut, kamu hanya diberikan gambaran rumah berupa wujud denah saja tanpa mengetahui wujud aslinya setelah selesai dibangun. Dengan kata lain kamu membeli rumah dan memilih tempat tinggal yang masih belu ada wujudnya. Tentu perlu ada hal – hal tertentu yang harus kamu waspadai ketika mencari rumah bali dalam keadaan inden dengan developer yang cukup kompeten. Apa saja hal – hal yang patut kamu waspadai tersebut?

  1. Kamu tidak bisa secara langsung menempati rumah bali yang sudah kamu beli karena harus menunggu hingga proses pembangunan selesai. Jumlah ruanga dan bentuk rumah pun bisa jadi berbeda dengan apa yang digambarkan pada denah yang kamu terima
  2. Jadwal pembangunan atau selesainya proses pembangunan meleset dari perkiraan dan target yang sudah dijanjikan di awal karena terkendala cuaca atau musim.
  3. Ada kemungkinan properti atau rumah yang kamu beli merupakan properti bodonng atau tidak akan terwujud bangunannya karena pengembang yang bermasalah.

Setelah mengetahui hal – hal yang patut kamu waspadai diatas banyak diantara peminat rumah inden yang berubah pikiran untuk membeli rumah tersebut, bagaimana denganmu ? apakah  kamu masih tertarik untuk membeli rumah inden ? atau  masih ragu karena karugian yang akan timbul ? jangan risau dan khawatir kamu bisa mengantisipasinya dengan melakukan trik pintar berikut ini !!

Piling Pengembang Yang Memiliki Reputasi Baik

Pastikan pengembang atau developer rumah bali yang kamu pilih benar – benar kompeten dan dapat dipercaya serta memiliki reputasi yang sangat baik. Ketahui apakah proyek inisudah memiliki surat IMB atau Izin Mendirikan Bangunan atau tidak. Bila surat IMB sudah dimiliki maka kamu tidak perlu khawatir akan ketidak selesaian proyek dengan target tanggal yang ditentukan.

Pantau Terus Proses Pembangunan

Memeriksa dan melakukan pemantauan dalam taham pembangunan rumah pun menjadi hal yang cukup penting dilakukan. Dengan melakukan pemantauan kamu bisa meminimalisir kecurangan penggunaan bahan bangunan rumah. Selain itu kamu juga bisa memastikan apakah rumah akan selesai sesuai dengan target ?

Perhatikan PPJB

PPJB atau Perjanjian Peningkatan Jual beli merupakan sebuah surat perjanjian yang muncul hanya ketika kita membeli rumah inden. Umumnya dalam surat PPJB atau Perjanjian Peningkatan Jual Beli ini akan tertulis mengenai target waktu rampungnya bangunan rumah, serah terima kuncu, dan konsekuensi pengembang bila tidak bisa memenuhi target yang dicantumkan dalam perjanjian.

Pastikan Setiap Transaksi Dilakukan Melalui Bank

Jangan lupa untuk selalu melakukan setiap transaksi melalui bank. Cara ini memiliki kemanan yang sangat baik, karena transaksi yang kamu lakukan akan tercatat dan memiliki bukti yang sangat kuat. Tidak hanya itu, kamu juga bisa memastikan bahwa dana yang kamu transferkan menuju ke rekening atas nama pengembang langsung bukan atas nama perseorangan.

Membeli rumah memang bukan perkara yang mudah untuk dilakukan. Terlebih lagi ketika kamu memutuskan untuk membeli rumah inden yang memiliki kondisi tidak tentu atau tidak dapat dipastikan bagaimana wujudnya. Tentu harus ada pertibangan dan hal – hal khusus yang harus diwaspadai dan diantisipasi. Jangan sampai salah dalam mengambil langkah saat membeli rumah. Semoga ulasan singkat diatas bisa memberikan solusi dan informasi bermanfaat bagi para pencari berita dan informasi membeli rumah. Selamat berjuang !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE