Ketahui Kerusakan Shockbreaker dengan Memahami Tanda-tanda Ini

ShockbreakerSalah satu komponen yang berpengaruh dalam kenyamanan berkendara adalah shockbreaker. Karena itu, komponen ini perlu dirawat dengan baik. Apabila tidak terawat, usia shockbreaker mungkin akan lebih cepat dan membuat Anda terpaksa harus mencari tempat jual shockbreaker mobil untuk membeli yang baru. Bukan hanya merepotkan, harga shockbreaker juga tidak murah.

Namun meskipun sudah merawatnya dengan baik, jika mobil dalam jangka waktu yang tetap lama, maka tetap akan ada saatnya shockbreaker mengalami kerusakan. Sebenarnya mudah sekali megenali tanda-tanda kerusakan shockbreaker karena akan sangat mempengaruhi kenyamanan dalam berkendara. Berikut ini beberapa ciri yang bisa mengindikasikan adanya kerusakan pada shockbreaker mobil:

  • Saat melewati polisi tidur

Tanda-tanda shockbreaker mengalami kerusakan akan sangat terasa saat Anda berkendara melewati polisi tidur. Karena shockbreaker merupakan peredam kejut bagi mobil, maka ketika Anda melewati polisi tidur, kejutan yang kuat tidak dapat ditahan dan dapat menyebabkan ban mobil menyentuh spakbor. Alhasil,  guncangan dan ayunan di mobil terasa lebih kuat saat melewati polisi tidur. Hal ini tentunya menimbulkan rasa yang tidak nyaman saat berkendara.  Selain melewati polisi tidur, rasa tidak nyaman juga akan dirasakan ketika Anda melewati jalan yang berlubang.

  • Rasa miring saat berada dalam mobil

Kemiringan pada mobil ini biasanya akan lebih bisa dirasakan oleh penumpang. Penumpang yang duduk di kursi tengah bisa merasakan ketinggian mobil yang tidak rata dan adanya kemiringan pada mobil. Ciri ini akan semakin terasa saat mobil memuat lebih banyak orang.

  • Ban aus secara tidak merata

Selain itu, tanda-tanda kerusakan pada shockbreaker dapat dilihat dari kondisi ban. Ban yang aus biasanya terjadi secara merata tapi jika ban aus tidak merata, biasanya ini disebabkan oleh shockbreaker yang rusak. Shockbreaker yang rusak dapat membuat mobil tidak seimbang saat digunakan sehingga pada akhirnya dapat menyebabkan ban aus secara tidak merata.

  • Kebocoran oli

Terakhir, tanda-tanda kerusakan shockbreaker yang paling mudah dikenali adalah kebocoran oli melalui shock. Biasanya hal ini menandakan karet bantalan shock yang sudah tidak berfungsi dengan baik sehingga mengakibatkan tembusnya oli.

Jadi, jika mobil Anda mengalami tanda-tanda seperti di atas, segeralah bawa mobil ke bengkel untuk diperbaiki. (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE