Keuntungan dan Kerugian Penggunaan Cloud

CloudPemanfaatan teknologi internet yang semakin umum di masyarakat, membuat teknologi ini menjadi hal yang sangat penting dan dibutuhkan oleh siapa saja dan kapan saja. Tidak hanya dimanfaatkan pada jam-jam sibuk seperti saat jam kerja saja, pada tengah malam pun banyak yang masih menggunakan teknologi ini secara aktif. Bahkan, semakin banyak bidang bisnis yang berkaitan erat dengan teknologi ini, salah satunya yaitu cloud service Indonesia.

Perusahaan cloud ini menawarkan service atau jasa penyimpanan berbagai file milik kliennya. Ada beberapa perusahaan cloud yang menawarkan jasanya secara gratis, namun biasanya akan diberikan batas maksimum kapasitas penyimpanannya. Jika user ingin menyimpan file dalam jumlah besar, maka user harus menggunakan jasa cloud yang berbayar. Ada banyak jenis cloud yang sering dimanfaatkan oleh masyarakat, misalnya saja seperti google drive, dropbox, dan sejenisnya. Bahkan, bagi pengguna smartphone pun dapat langsung memanfaatkan cloud storage ini secara free melalui aplikasi yang ada dalam smartphone-nya.

Untuk dapat menyimpan berbagai file dokumen ataupun file lainnya, user harus melakukan registrasi terlebih dahulu dengan mendaftarkan nama, alamat email dan beberapa identitas lainnya. Setelah itu, user hanya perlu melakukan login dengan alamat email yang didaftarkan untuk mengelola cloud miliknya, apakah ingin meng-upload file baru ataukan mendownload file yang telah diupload sebelumnya. User juga bisa membagikan file yang diuploadnya pada user tertentu, atau bisa juga membagikannya pada user manapun yang membutuhkannya. Berbagai kelebihan yang dimiliki oleh cloud ini membuat banyak sekali pilihan yang tertarik menggunakan teknologi ini. Bahkan, UEFA juga menggunakan teknologi Cloud untuk liga champion (kompetisi antar klub di benua Eropa).

Namun, sehebat apapun teknologi tentulah akan ada kekurangannya. Karena seluruh file ini tersimpan dalam server, kita akan membutuhkan jaringan internet untuk bisa mendapatkannya file yang dibutuhkan. Sementara, di Indonesia sendiri ada beberapa lokasi yang memiliki koneksi internet kurang bagus, yang artinya kita tidak akan bisa mengakses file yang kita butuhkan. Sehingga, untuk beberapa kondisi kita tetap tidak bisa memanfaatkan teknologi ini. Selain itu, ancaman hacker dapat menjadi hal yang menakutkan bagi sebagian user cloud, khususnya jika file yang disimpan merupakan file yang sangat berharga dan harus dijaga kerahasiaannya. Untuk mengatasi masalah ini, pemilihan jasa provider cloud yang tepat dan profesional dalam mengamankan data-data miliki klien sangatlah diperlukan. (Yv)

One thought on “Keuntungan dan Kerugian Penggunaan Cloud

  1. Pingback: Alasan Mengapa Penulis Perlu Berkenalan Dengan Cloud | Tips Indonesia dan Kumpulan Artikel Informasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE