Khasiat Daun Salam untuk Kesehatan Tubuh (Part II)

Menjadi salah satu daun yang bisa dijadikan sebagai bumbu pelengkap masakan baik kering maupun berkuah, daun salam yang bisa ditemukan dengan mudah di berbagai tempat ini pun memiliki banyak khasiat yang dibutuhkan oleh tubuh. Lantaran, memiliki kandungan zat yang memang mampu mencegah berbagai penyakit yang menyerang tubuh. Yang lebih menariknya, hanya memanfaatkan air rebusan dari daun salam ini, maka semua penyakit yang terkadang membutuhkan asuransi kesehatan yang bagus untuk pengobatannya pun akan bisa diobati sekaligus dicegah.

Daun Salam untuk Kesehatan

Kembali melanjutkan artikel pertamanya, berikut ini adalah beberapa khasiat yang diberikan oleh daun salam untuk kesehatan tubuh manusia.

  1. Menurunkan kadar kolesterol di tubuh. Di dalam daun salam sendiri tersimpan kandungan flavanoid yang bisa digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol di tubuh. Caranya? Cukup dengan merebus daun salam segar ini di air sebanyak 600 ml, kemudian rebus sampai kira-kira air tinggal segelas. Lalu, minum air rebusan daun salam ini sebelum makan baik di pagi maupun malam hari. Untuk mendapatkan khasiat yang lebih banyak, minumlah air rebusan daun salam dua kali sehari.
  2. Mengatasi kutu rambut dan ketombe. Ternyata, daun salam untuk bumbu masakan ini pun berkhasiat pula untuk mengatasi kutu sekaligus ketombe yang tumbuh di rambut. Ini karena daun salam menyimpan minyak daun yang bagus untuk rambut. Untuk mengatasinya, kamu tinggal merebus daun salam sekitar 500 ml di dalam air sekitar 400 ml, lalu tinggalkan sebanyak 100 ml saja. Selanjutnya, langsung sirami ke bagian rambut, dan diamkan selama empat sampai lima jam kemudian cuci bersih. Lakukan cara ini serutin mungkin agar hasil yang diberikan pun terlihat maksimal.
  3. Mencegah sakit kanker. Memiliki kandungan asam euganol, quertin, caffeic, sekaligus catechin, maka daun salam ini dapat mencegah terjadinya kanker di tubuh. Melansir dari blog kesehatantubuh, adanya kombinasi senyawa organik dan antioksidan yang tersimpan di daun salam ini, dapat pula mengatasi munculnya radikal bebas yang akan menyerang tubuh yang sewaktu-waktu berubah menjadi kanker karena memakan radikal sehat di tubuh.
  4. Mengurangi gatal. Apabila kamu memiliki gatal di bagian kulit dan tidak bisa hilang, coba gunakan daun salam ini, karena memang daun salam dianggap sebagai daun yang bisa mengurangi rasa gatal di kulit. Bagaimana caranya? Rebus daun salam selama beberapa saat, kemudian tumbuk daun salam sampai benar-benar halus. Daun salam yang sudah halus tersebut bisa langsung dibalurkan ke kulit yang gatal.

Itulah beberapa khasiat yang diberikan oleh daun salam untuk tubuh. Semoga bermanfaat! –SH–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE