Klaim Asuransi Mobil, Sulit atau Mudah?

Cara Klaim Asuransi MobilMeskipun sudah banyak orang yang mempercayakan keamanan mobil kesayangannya pada asuransi mobil, namun tetap saja ada beberapa orang yang tidak melakukannya. Pemikiran akan sulitnya mengajukan klaim asuransi mobil Garda Oto ataupun perusahaan asuransi lain, membuat mereka ragu untuk mengasuransikan mobil mereka. Mereka takut, jika nanti mereka mengajukan klaim ternyata perusahaan asuransi tidak mau menerima klaim tersebut, dan pada akhirnya uang premi yang telah dibayarkan menjadi sia-sia.

Memangnya, mengajukan klaim asuransi sesulit itu ya? Hmm… sebenarnya sih tidak juga. Asalkan Anda memperhatikan hal-hal berikut ini saat mengajukan klaim:

  • Pastikan dulu, apakah hal yang Anda klaim tersebut memang termasuk ke dalam daftar yang dijamin oleh perusahaan asuransi. Jadi, jangan berpikir bahwa semua masalah yang terjadi pada mobil sudah pasti dijamin oleh perusahaan. Sebab, jika begitu perusahaan asuransi tentunya bisa rugi kan? Misalnya saja untuk kasus kehilangan kendaraan, biasanya perusahaan asuransi akan mencari tahu terlebih dahulu penyebab kehilangan. Jika penyebabnya termasuk ke dalam keteledoran pemilik kendaraan (seperti hipnotis, penipuan) maka perusahaan asuransi tidak akan melakukan penggantian kerugian.
  • Ketahuilah hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan sebelum mengajukan klaim. Maksudnya yaitu, setelah terjadi sebuah risiko pada kendaraan Anda, mungkin ada sebuah hal yang tercantum dalam polis, yang jika dilakukan akan langsung membatalkan polis atau membuat klaim asuransi ditolak. Misalnya seperti pemilik asuransi yang melengkapinya dengan asuransi banjir. Biasanya akan tercantum berbagai aturan yang harus dan tidak boleh dilakukan pemilik ketika mobilnya terendam banjir. Aturan ini diterapkan bukan bermaksud untuk menyulitkan pemilik kendaraan, melainkan untuk mencegah kemungkinan bertambah parahnya kerusakan mobil pasca terendam. Sebab, jika kerusakan semakin parah secara otomatis akan meningkatkan biaya perbaikan.
  • Baca aturan tata cara pengajuan klaim secara detail. Ini adalah hal yang penting namun sering kali diabaikan oleh para pemilik kendaraan. Padahal, tanpa mengikuti tata cara yang benar, proses klaim Anda bisa menjadi terhambat. Lalu, apakah ini adalah kesalahan pihak asuransi? Tentu saja tidak. Sebab, pihak asuransi biasanya sudah mencantumkan prosesnya secara detail dalam polis asuransi. Selain itu, agen asuransi pun akan siap membantu Anda jika diperlukan. Jadi, jika proses klaim terhambat karena Anda tidak mau membaca polis atau bertanya pada agen asuransi, jelas itu adalah kesalahan Anda sendiri.

Tidak sulit kan mengajukan klaim asuransi mobil? Jadi, tertarik untuk menggunakan jasa asuransi untuk mobil kesayangan Anda? (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE