Komatsu 930E-AT Autonomous Haulage

Komatsu 930E-ATAda banyak sekali perusahaan yang memproduksi alat berat. Hal ini terlihat dari beragamnya brand yang digunakan oleh kontraktor sebuah proyek. Bahkan, terkadang mereka menggunakan brand “A” untuk suatu alat berat, dan brand “B” untuk keperluan alat berat lainnya. Diantara beberapa brand tersebut, Komatsu adalah salah satunya yang cukup sering digunakan. Tidak hanya alat beratnya saja yang sering digunakan, tetapi juga spare part alat berat Komatsu untuk men-support kinerja dari alat berat tersebut.

Alat berat yang dipasarkan oleh PT. Komatsu sangatlah beragam. Salah satunya yaitu sebuah alat berat dengan jenis Haul Truck yang dinamakan Komatsu 930E-AT Autonomous Haulage, atau sering disebut dengan Komatsu 930E-AT. Nama autonomous haulage sendiri, diambil berdasarkan sistem kerja dari haul truck ini, yaitu Autonomous Haulage System (AHS). Sebuah sistem yang memungkinkan pengendalian alat berat tanpa adanya operator di dalam alat berat tersebut.

Lalu bagaimana cara mengendalikannya? Tentunya, tetap saja ada operator yang mengendalikan alat ini, namun dikendalikan dari jarak yang cukup jauh, bahkan dapat dikendalikan dari jarak ribuan kilometer. Haul truck ini merupakan produk AHS kedua dari Komatsu dan ditawarkan untuk sebuah perusahaan pertambangan yaitu Rio Tinto di Australia Barat.

Untuk memastikan bahwa seluruh fungsi dari alat ini dapat bekerja dengan baik, dan tidak akan menjadi kendala dikemudian hari, Komatsu melakukan berbagai penelitian hingga beberapa tahun lamanya. Selain itu, Komatsu juga sudah melakukan uji coba dengan haul truck ini dan berhasil memindahkan material seberat 330 juta ton. Dengan begini, Komatsu yakin AHS yang diinstall pada Komatsu 930E-AT ini dapat bekerja secara maksimal. Untuk mendukung sistem kerjanya, Komatsu melengkapi haul truck ini dengan berbagai teknologi, seperti kombinasi pengendali kendaraan, precision GPS, Obstacle Detection System (ODS) yang menggunakan radar dan laser, serta sistem jaringan wireless yang dikembangkan oleh Komatsu. ODS pada haul truck ini mampu untuk mendeteksi cahaya dari kendaraan lain ataupun alat berat lain yang berada didepannya, sehingga secara otomatis memelankan laju atau bahkan berhenti jika diperlukan.

Komatsu 930E-AT ini sangat bermanfaat untuk mengurangi tingkat stres dan kecelakaan kerja akibat operator yang kelelahan. Dengan teknologi AHS, dianggap mengendarai truck lebih aman dibandingkan jika operator berada di dalam kabin langsung. Namun, untuk dapat mengendalikan alat ini diperlukan operator dalam jumlah lebih banyak dan juga lebih berpengalaman. Tujuannya, agar semua sistem ini dapat berjalan dengan baik dan haul truck dapat bekerja secara maksimal. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE