Koneksi Wifi Jadi Lebih Cepat, Bagaimana Caranya ?

source: comofazer.org

Manfaat adanya internet di tengah-tengah masyarakat tentu sangat vital, di mana dengan internet semua hal salah satunya Belajar Bahasa Asing dengan Internet. Namun adanya kabar internet di Indonesia dikabarkan akan mati total pada bulan September 2014 kemarin tentu membuat gempar para pengguna internet di seluruh Indonesia, termasuk pengguna Internet Cirebon.  Tentu mendengar berita sontak semua pengguna internet di Indonesia kaget. Tentu sangat beralasan karena hampir dari 80% jumlah penduduk Indonesia menggunakan internet khususnya untuk menggunakan social media.

Namun hingga awal tahun 2015, hal tersebut tidak terjadi dan tentu ini membuat para pengguna internet lega dan tetap berkomunikasi melalui social media. Meskipun demikian, tetap saja rata-rata pengguna internet khususnya pengguna smatphone yang mengeluhkan akan kecepatan akses internet yang ketergantungan dengan sinyal internat, baik menggunakan jaringan broadband provider internet, dialup, ataupun WiFi. Bahkan beberapa pengguna smartphone merasa tidak sesuai harapan yang mereka inginkan, padahal sudah menggunakan paket internet yang kapasitasnya terbilang cukup besar.

Kita tentu akan merasa kesal ketika melakukan browsing internet dan ingin membuka website dan kondisinya kecepatan akses internetnya begitu lemot meskipun sudah menggunakan koneksi WiFi. Lalu bagaimana cara membuat koneksi WiFi jadi lebih cepat ? Jangan khawatir, berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan sehingga memaksimalkan kecepatan akses internet  dengan WiFi.

  • Pilih dan gunakan frekuensi kanal yang pas – Kini sudah banyak tempat atau lokasi di Cirebon yang sudah memfasilitasi dengan koneksi WiFi seperti mall atau apartmen. Nah, jika seperti ini maka pastikan pilih-pilih kanal yang tepat dan pas terutama pastikan perangkat smartphone Anda dekat dengan lokasi WiFi. Penggunaan WiFi pada sebuah tempat tentu akan menggunakan perangkat penghubung seperti router dengan frekuensi antara 2,4 GHz – 5 GHz. Pilih juga frenkuensi yang terendah, di mana biasanya frekuensi rendah jangkauannya jauh lebih luas.
  • Posisikan router di posisi yang tepat dan ideal – Jika menggunakan router di rumah, maka pilihlah posisi yang tepat dan ideal serta mudah untuk menempatkan router WiFi. Pastikan juga jauh dari jangkauan anak-anak, sehingga posisi router tidak terganggu. Perhatikan juga dalam penempatan router tersebut, ada info bahwa jangan diletakkan terlalu detak dengan dinding rumah. Kenapa ? Tentu ini akan berhubungan dengan sinyal yang akan dihasilkan. Biasanya sinyal yang menembus dinding akan kemungkinan bisa melemah, dan ini impactnya kecepatan internetnya pun bisa ikutan melemah.
  • Setting router dengan menggunakan password – Sudah menjadi hal yang umum dan harus dilakukan ketika menggunakan router WiFi baik di rumah, mall, restoran ataupun apartemen harus disetting menggunakan password. Fungsinya apa ?  Alasannya tentu simple, karena ini demi kenyamanan dan keamanan si pengguna internet itu sendiri.
  • Beli router dengan spesifikasi tinggi – Tentu untuk barang-barang it memiliki spesifikasi yang beragam, dan terus mengalami perubahan yang disesuaikan permintaan pasar sekaligus perkembangan teknologi. Ini juga mempengaruhi perangkat WiFi yaitu router. Nah, cobalah untuk membeli router yang spesifikasi tinggi sehingga bisa menunjang kecepatan akses internet bisa menjadi lebih cepat. Bahkan kini ada router yang menggunakan teknologi canggih yang bisa membuat Anda nyaman browsing dan menjelalah dunia internet.
  • Beli perangkat penguat sinyal WiFi atau Network Extender – Jika dirasa penggunaan router masih belum maksimal, maka cobalah untuk membeli perangkat penguat sinyal atau network extender. Perangkat ini bagus untuk tempat-tempat yang digunakan untuk browsing dengan internet berjauhan dengan router. Perangkat ini sangat tepat digunakan di dalam rumah atau kantor.

Jadi, para pengguna internet Cirebon dan seluruh wilayah di Indonesia jangan pernah khawatir akan akses internet yang lemot. Semoga artikel ini bisa membantu! -apuy-

One thought on “Koneksi Wifi Jadi Lebih Cepat, Bagaimana Caranya ?

  1. Pingback: Kesenian Topeng Banjet Karawang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE