Kriteria Software Perbankan yang Bagus

Software perbankan merupakan software yang bekerja dengan cara mengoperasikan semua kegiatan yang terdapat di dalam bidang perbankan. Kegiatan tersebut biasanya meliputi bidang pemasaran, administrasi, managemen, akuntansi, dan masih banyak yang lainnya.

Kriteria Software Perbankan

Photo : AkuntansiOnline[dot]id

Sama halnya dengan memilih software akuntansi, memilih software perbankan ini haruslah sangat berhati-hati karena sangat penting untuk mendukung kegiatan perbankan. Itulah sebabnya mengapa bank sangat memperhatikan secara detail saat menentukan kriteria untuk memilih software perbankan, seperti: (source: tykhakartika.blogspot)

  1. Security system. Security System memang sangat penting untuk keberlangsungan aktivitas perbankan, mengingat fungsi bank sebagai tempat untuk menyimpan dana masyarakat. Software ini harus memiliki sistem keamanan yang dapat mencegah pihak luar yang tidak berkepentingan untuk software ini. Selain itu, software juga harus bisa melindungi data dari risiko hilang akibat kerusakan sistem, misalnya seperti proses back up data otomatis.
  2. User friendly. Software perbankan harus memudahkan user dalam menggunakannya, baik dari segi UI (user interface), proses kerja, dan sebagainya. Bahkan software juga harus bisa mendeteksi adanya kesalahan yang dilakukan oleh user dan memberikan pesan eror (error message) beserta cara penyelesaiannya.
  3. Reporting. Informasi maupun data yang diberikan kepada nasabah haruslah jelas sekaligus mudah dimengerti. Untuk itulah, pihak perbankan membutuhkan laporan (reporting) yang lengkap serta jelas, khususnya untuk laporan mengenai pemeriksaan. Dengan demikian, maka harapan keuangan menjadi lebih transparan pun bisa diaplikasikan.
  4. Maintenance. Software perbankan yang digunakan oleh bank haruslah bersifat stabil dan mudah perawatannya. Tidak hanya itu, software juga harus mudah dimodifikasi untuk mengikuti kebutuhan user, dan diperbaiki jika ditemukan adanya masalah. Sebab software ini akan selalu aktif digunakan setiap harinya dan tentunya akan mengganggu aktivitas perbankan jika mengalami kerusakan terlalu lama.

Selain poin di atas, perbankan juga sering memanfaatkan sistem seperti sources code, flexibility, serta kemampuan untuk menyimpan data. Semua sistem ini sangatlah berperan penting untuk kemajuan bank sendiri, itulah sebabnya pihak perbankan sangat membutuhkannya. Semoga artikel ini memberikan banyak manfaat untuk Anda. –SH–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE