Lakukan ini Saat Bertransaksi dengan E-Banking

Banyak yang sudah merasakan manfaat menggunakan e-banking membuat mereka ketagihan menggunakannya. Apalagi, dengan banyaknya promo internet banking yang bisa dimanfaatkan oleh para nasabah, membuatnya fitur ini semakin diminati. Namun ternyata tidak semua merasakan hal yang sama. Banyak nasabah yang justru mengalami masalah saat menggunakan e-banking dan akhirnya kapok hingga tidak lagi mau menggunakannya.

Sebenarnya, masalah saat bertransaksi ini memang mungkin terjadi. Namun, Anda dapat mengatasi masalah ini dengan melakukan beberapa hal ini saat bertransaksi e-banking :

  • Bertransaksi dengan E-BankingPastikan url (internet banking)

Untuk Anda pengguna internet banking, ketahui dengan baik url internet banking dan bank tempat Anda menabung. Jika perlu, Anda bisa mem-bookmarks url tersebut, agar mudah untuk membukanya. Hal ini sangat penting, karena banyak oknum yang tidak bertanggungjawab memanfaatkan ketidaktelitian nasabah untuk melakukan aksinya dalam mencuri uang nasabah. Meskipun tampilan situs terlihat sama persis, jangan langsung mempercayainya begitu saja ketika Anda menemukan adanya perbedaan pada alamat url. Sebab, sekali Anda melakukan login pada situs palsu tersebut, maka data Anda akan masuk ke dalam sistem milik oknum tersebut, dan Anda bisa kehilangan akses atas internet banking Anda sendiri.

  • Pahami langkah untuk melakukan transaksi

Phak bank selalu berusaha memperbaiki sistem e-bankingnya agar semakin mudah untuk dioperasikan oleh nasabahnya. Apalagi, jika nasabahnya tidak terlalu paham pengoperasian teknologi. Jika Anda memang berniat menggunakan fasilitas ini, jangan ragu untuk bertanya. Namun, ingat atau catatlah langkah-langkah transaksinya, agar Anda tidak bingung saat akan bertransaksi lagi. Langkah yang salah saat bertransaksi, bisa menyebabkan terjadinya masalah, jadi pastikan bahwa langkah yang Anda lakukan sudah benar.

  • Hindari transaksi di malam hari

Meskipun e-banking bisa digunakan kapanpun dan dimanapun (selama memiliki jaringan internet), namun tidak menutup kemungkinan sistem akan mengalami masalah ketika malam hari. Hal ini bisa menyebabkan delay pada proses transaksi yang sedang Anda lakukan. Misalnya saja Anda ingin mentransfer uang, bisa saja saldo Anda sudah terpotong namun belum masuk ke dalam rekening penerima. Jika sudah begini, Anda harus menunggu hingga proses delay ini selesai. Proses ini terkadang baru selesai setelah beberapa hari. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE