Lakukan Ini Saat Ingin Mengecat Ulang Dinding Rumah

Melakukan pengecetan ulang pada properti Indonesia milik kita adalah hal yang wajib dilakukan secara berkala. Yap, meskipun dinding rumah masih terlihat bersih, namun bukan berarti loh tidak terdapat kotoran atau debu yang menempel. Jika hal ini dibiarkan terus menerus, maka dapat menyebabkan lingkungan rumah menjadi tidak sehat. Biasanya, ditandai dengan penghuni rumah yang menjadi lebih rentan terkena penyakit, atau batuk yang tidak sembuh dalam jangka waktu panjang.

Tips Mengecat Dinding Rumah Lama

Pentingnya mengecat ulang rumah secara berkala, bukan hanya mengganti tampilan rumah namun bisa juga loh memberikan dampak pada kesehatan. Nah, untuk Anda yang berencana untuk melakukan pengecatan ulang pada dinding rumah, ada nih beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai persiapan. Diantaranya yaitu:

  • Hitung perkiraan cat yang dibutuhkan. Setiap brand dari cat memiliki karakteristik yang berbeda. Jadi, cobalah untuk perhitungkan kebutuhan cat sesuai dengan karakteristik. Misalnya, cat yang bersifat sangat cair, biasanya penggunaannya akan lebih boros dibandingkan dengan yang bersifat lebih kental.
  • Jangan mudah tergoda dengan harga murah. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwa karakteristik setiap cat berbeda. Karakteristik ini terkadang secara tidak langsung berpengaruh terhadap harga dari cat tersebut. Jadi, belum tentu cat yang harganya lebih murah akan membuat pengeluaran kita lebih hemat juga. Bisa jadi, harganya lebih murah tapi penggunaannya lebih boros, hasil akhirnya sama saja kan dengan cat yang lebih mahal.
  • Persiapkan semua barang yang dibutuhkan saat proses mengecat. Jangan sampai, tiba-tiba Anda membutuhkan suatu benda dan harus membelinya. Hal ini tentunya akan membuat pekerjaan Anda menjadi terhambat.
  • Setelah semua peralatan dan perlengkapan sudah dipersiapkan, langkah selanjutnya adalah memindahkan semua barang yang ada di ruangan pada rumah. Anda bisa memindahkannya dengan mengumpulkannya ke bagian tengah ruangan, atau Anda juga bisa menggotongnya keluar ruangan jika takut barang-barang terkena cipratan cat.
  • Sebelum mulai mengecat, bersihkan terlebih dahulu lapisan dinding dari lapisan cat yang sebelumnya. Hal ini penting, agar cat dapat menempel dengan sempurna. Keruk dinding hingga seluruh lapisan cat yang lama telah habis terkelupas, dan kemudian lap untuk membersihkan sisa serpihan halus dari cat yang dikeruk. Setelah itu, barulah Anda bisa memulai proses pengecatan.

Selamat mencoba! (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE