Lakukan Ini Sebelum Memutuskan Membeli Server

data server

image source: IT Pro

Dengan banyaknya perusahaan system integrator indonesia yang menawarkan jasa integrasi sistem komputer secara keseluruhan, kita sebagai pemilik bisnis tidak perlu pusing memikirkan server dan lain sebagainya. Akan tetapi, jika kalian ingin mencobanya sendiri karena keterbatasan dana sebaiknya simak trik berikut sebelum membeli server.

  • Kenali merk-nya dan berusahalah untuk bersikap objektif. Seperti yang sudah kita ketahui, ada banyak sekali merk server yang diproduksi oleh vendor nasional dan juga internasional. Tentunya, setiap merk memiliki karakteristik masing-masing dan kualitas yang juga mumpuni. Oleh sebab itu, kenali setiap merk dan objektiflah dalam menilainya. Cari yang benar- benar sesuai dengan kebutuhan kita. Bahkan jika memungkinkan, lakukan komparasi dari setiap merk yang ada agar tidak salah beli. Dan pastikan komponen infrastruktur dalam it merk yang akan dibeli sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan.
  • Pertimbangan harga. Banyaknya merk yang beredar di pasaran sebetulnya membawa keuntungan tersendiri untuk kita para konsumen. Sebab harga yang ditawarkan menjadi lebih bersaing sehingga kita bisa mencari server yang sesuai dengan budget. Sebelum beli, ada baiknya mengecek harga pasaran server secara online berdasarkan harga yang dipasang di toko-toko online.
  • Kompatibilitas system server. Jangan sampai server yang kita beli tidak kompatibel dan tidak bisa beradaptasi dengan perangkat-perangkat lain. Cek kompatibilitasnya dengan prosesor, motherboard, RAM, HDD, router, modem, dan lain sebagainya.
  • Jangan tergoda iklan. Setiap vendor pastinya akan mengangkat selling point dari server yang mereka jual dengan embel-embel istilah teknologi. Padahal ketika ditelisik lebih jauh, sebenarnya teknologi yang dijual ini tidak berhubungan langsung dengan apa yang sebetulnya kita butuhkan. Oleh sebab itu, jangan sampai tergoda iklan dan belilah server yang memang benar-benar sesuai dengan kebutuhan kita.
  • Proses upgrade mudah. Tentunya, kita ingin menggunakan server tersebut dalam waktu yang lama. Oleh sebab itu, pastikan proses upgrade-nya mudah agar bisa terus digunakan. Tujuan upgrade sendiri adalah agar server selalu menggunakan software generasi terbaru sehingga aplikasinya bisa digunakan secara optimal.

Selain hal-hal yang sudah disebutkan di atas, pastikan juga kalau proses klaim mudah jika ditemukan ada hal yang tidak beres pada server atau terjadi kerusakan, misalnya. Semoga membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE