Langkah Mudah Wujudkan Taman Impian di Rumah

Setelah menempati hunian properti Indonesia baru entah itu rumah atau apartemen, tentunya hal lain yang dilakukan adalah mengubahnya menjadi hunian impian. Kita pastinya memiliki preferensi tersendiri, seperti menemukan kenyamanan di apartemen atau rumah yang kita inginkan, mulai dari bangunannya, tata letak interiornya, bahkan untuk tamannya. Hanya saja, seringkali kita berpikir, mengubah hunian menjadi hunian impian membutuhkan biaya yang tak sedikit. Padahal, asal kita mau repot dan mau mengurusnya, hal tersebut tidaklah memakan biaya yang banyak. Seperti contohnya adalah membuat taman impian di rumah.

Taman Rumah

Membuat taman impian di rumah tidak melulu harus mewah dan serba ribet. Taman yang sederhana juga bisa lho membuat rumah terasa lebih sejuk. Simak langkah mudah mewujudkan taman impian di rumah berikut ini:

  1. Pastikan tanah yang ada di halaman rumah gembur dan bisa digunakan untuk menanam tanaman. Sebelum mulai membuat taman, ada baiknya lakukan tes tanah terlebih dahulu. Cek komposisinya, tingkat nutrisi, kelembapan, dan lain sebagainya. Biasanya, tanah yang gembur dan kaya nutrisi akan terasa ketika dipegang. Nah, tanah yang seperti ini merupakan tanah yang cocok untuk menanam tanaman apa saja yang diinginkan. Kamu pun bisa bercocok tanam dengan nyaman dan mudah.
  2. Perhatikan masalah drainase. Satu elemen lain yang harus diperhatikan adalah masalah pengairan atau drainase. Sebab jika masalah ini tidak ditindaklanjuti maka ketika kita menyiram tanaman air akan mengalir tak tentu arah. Pelajari bagaimana sistem pengairannya, apakah harus membuat selokan atau tidak, dan seberapa besar daya serap air di tanah. Dengan begitu, air tidak akan meluap saat hujan atau ketika tanaman disiram.
  3. Tanaman yang hendak ditanam. Taman biasanya terdiri atas berbagai jenis tanaman yang dipadukan menjadi satu. Entah itu tanaman hias, bunga-bungaan, atau bahkan pepohonan. Tentukan tanaman apa saja yang ingin ditanam dan berburulah ke tukang tanaman. Pastikan tanaman yang diinginkan tidak akan memenuhi semua lahan halaman, ya. Jangan lupa juga tata penanamannya agar rapi dan harmonis.
  4. Tambah elemen pemanis. Agar taman terlihat semakin ciamik, tambahkan lampu hias, batuan alam, dan juga pagar kayu. Jika taman tersebut hendak dijadikan sebagai sarana relaksasi, bisa juga tambahkan bangku taman untuk duduk-duduk di sana saat lelah.

Semoga membantu dan selamat mencoba! Yuk, wujudkan taman impian kalian di rumah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE