Lingkungan Belajar Bahasa Yang Tepat

Belajar, tidak perduli apa yang dipelajari, membutuhkan lingkungan atau lokasi yang tepat, terutama untuk belajar bahasa Inggris dasar yang membutuhkan perhatian khusus. Bahasa inggris dasar berbeda dengan jenis Bahasa inggris lain, Bahasa Inggris yang satu ini menggunakan daftar kata, struktur kalimat, serta grammar yang lebih mudah dipelajari, karena jenis Bahasa ini biasanya diterapkan untuk para pemula yang Bahasa aslinya diluar Bahasa Inggris.

Meski begitu, agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan efektif, tetaplah dibutuhkan lingkungan yang tepat demi terbangunnya kegiatan pembelajaran yang efektif. Berikut ini adalah faktor-faktor yang membangun lingkungan belajar yang baik:

  • sekolah yang baikKebersihan Terjaga

Selain dapat menganggu pemandangan serta menyebar bau yang tidak enak, lingkungan yang tidak terjaga kebersihannya juga dapat menimbulkan bahaya karena merupakan sumber bakteri dan penyakit. Untuk itu, lingkungan diharapkan memiliki kebersihan yang terjaga, yang juga dapat meningkatkan tingkat kenyamanan.

  • Terhindar dari Polusi Udara

Asap pembakaran sampah hingga asap knalpot dapat menimbulkan penyakit bagi yang menghirupnya, dan juga sangat menganggu konsentrasi. Pastikan lingkungan bebas dari polusi udara, jika kegiatan pembelajaran dilakukan dalam sebuah ruangan, pastikan bahwa ruangan memiliki sirkulasi udara yang baik.

  • Terhindari dari Polusi Suara

Suara merupakan salah satu hal yang dapat dengan mudah menghancurkan konsentrasi. Lingkungan belajar yang baik haruslah jauh dari pusat-pusat kebisingan, atau memiliki ruangan yang kedap suara.

  • Nyaman

keamanan anakKenyamanan juga dapat membantu pikiran lebih rileks sehingga pelajaran lebih mudah tercerna, sementara, memiliki lingkungan yang kurang nyaman justru akan menganggu konsentrasi. Lingkungan dan fasilitas tidaklah perlu terlalu nyaman, karena dapat menimbulkan kantuk. Suasana yang nyaman ini juga bisa kita bentuk dengan membawa “teman belajar” yang dapat membuat semangat, misalnya saja camilan, minuman, dan musik.

  • Aman

Keamanan merupakan salah satu faktor terpenting. Lingkungan yang tidak aman dapat membahayakan siswa. Untuk itu, kegiatan belajar diharapkan jauh dari daerah yang memiliki angka kriminalitas yang tinggi, atau angka kecelakaan yang tinggi. Sekolah yang berada di bahu jalan memiliki keunggulan dalam hal akses, namun memiliki potensi terjadinya kecelakaan.

Pada dasarnya, lingkungan belajar yang baik adalah lingkungan yang disukai murid dan tidak membahayakan pelajar ataupun pengajar. (RR)

One thought on “Lingkungan Belajar Bahasa Yang Tepat

  1. Pingback: Kuasai Bahasa Inggris Tanpa KursusArtikel Informasi dan Tips Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE