Macam Macam Alat Berat Lifting

Macam Macam Alat Berat LiftingAlat berat yang digunakan dalam suatu proyek atau pekerjaan memiliki beragam fungsi, salah satunya adalah untuk mengangkat material atau hoisting dan lifting. Benda yang diangkat oleh alat ini tidak hanya terbatas pada material tambang atau bangunan dan peralatan saja, namun juga pekerja proyek. Peralatan jenis ini memiliki fungsi yang sedikit berbeda bila dibandingkan dengan alat angkut seperti excavator dan loader. Meski sama-sama dapat digunakan untuk memindahkan barang, namun peralatan untuk hoisting dan lifting ini menggunakan platform khusus yang bisa memberikan kestabilan saat digunakan untuk mengangkat benda.

Alat berat dengan fungsi lifting ini memiliki banyak variasi yang tentunya dengan fungsi spesifik yang berbeda-beda, di antaranya :

  • Boom truck

Merupakan kendaraan truk dengan mesin derek (crane) yang terpasang pada bagian belakang untuk memudahkan mengangkat dan memindahkan muatan baik dari atau ke truk itu ke truk lainnya. Pada truk ini juga terpasang outriggers yang bisa memanjang secara vertikal dan horizontal yang digunakan untuk menstabilkan derek saat mengangkat benda.

  • Bucket Truck

Truk ini awalnya di desain untuk digunakan untuk memanen hasil perkebunan, maka dari itu alat ini di luar negeri juga dikenal dengan nama cherry pickers (pemetik ceri). Meski saat ini juga masih digunakan di perkebunan, namun alat yang digunakan untuk mengangkut pekerja ini juga sudahbanyak digunakan untuk keperluan lainnya, misalnya saja untuk membetulkan tiang listrik atau pekerjaan lainnya. Kontrol pada crane terdapat tidak hanya pada truk namun juga pada bucket.

  • Reach Stacker/Container Handlers (Pengangkat Kontainer)

Alat ini merupakan alat khusus yang digunakan untuk mengangkut dan memindahkan peti kemas pada pelabuhan kecil dan medium atau dengan jarak yang tidak terlalu jauh. Reach stacker mampu mengangkat dan memindahkan peti kemas dalam waktu singkat serta menumpuknya di atas tumpukan peti kemas lainnya. Selain untuk mengangkut peti kemas dalam keadaan isi, ada juga container handlers yang digunakan khusus untuk mengangkut kontainer dalam keadaan kosong.

  • Manlift

Alat berat lifting jenis ini memiliki fungsi yang sama dengan bucket truck, yakni untuk mengangkut manusia, bedanya pada alat ini tidak digunakan truck melainkan berupa alat dengan mesin beroda sebagai tumpuannya. Beberapa variasi dari manlift ini diantaranya adalah straight boom, articulating boom, scissor lifts, mechanical lifts, dan pedestal mount aerial lifts. (raw)

One thought on “Macam Macam Alat Berat Lifting

  1. Pingback: Mengenal Alat Berat Clamshell

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE