Magelang Banyak Rahasianya. Ini Dia Beberapa Fakta Unik Kota Magelang!

magelangLiburan ke kota Magelang memang mengasyikkan, terlebih kalau mendapatkan promo hotel murah di berbagai hotel di Magelang. Tidak hanya mengunjungi tempat indah, banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan di kota satu ini seperti menikmati secangkir kopi di beberapa gerai kopi, melihat keasrian candi, mendatangi museum, mencicipi berbagai kuliner enak, dan masih banyak yang lainnya. Namun demikian, tahukah Anda, ternyata terdapat berbagai fakta unik yang dimiliki oleh kota ini, lho. Apa sajakah? Langsung kita simak pembahasannya! (source: visitmagelang)

  • Dikelilingi oleh lima gunung. Apakah Anda tahu, jika kota Magelang yang masuk dalam kawasan provinsi Jawa Tengah ini dikelilingi langsung oleh lima gunung sekaligus. Gunung tersebut adalah Gunung Menoreh, Gunung Telemoyo, Gunung Sumbing Gunung Merbabu, dan Gunung Merapi. Lantaran, dikelilingi oleh banyak gunung ini sehingga tidak heran bila kota ini memiliki cuaca relatif sejuk dibandingkan dengan kota lainnya di Jawa Tengah.
  • Menjadi kota tertua kedua di Indonesia. Menariknya, kota Magelang yang memiliki pemandangan begitu memukau ini ternyata merupakan kota tertua kedua di negara Indonesia. Kota ini dulunya dinobatkan menjadi kota pada 1 April 1906 oleh seorang pimpinan Belanda yang menjabat sebagai Burgemeester(walikota). Ketika dinobatkan, kota ini bernama “Kota Magelang Gemeente”, namun kini tanpa diberi Gemeente.
  • Memiliki candi termegah di negara Indonesia. Seperti diketahui, kota satu ini mempunyai berbagai macam candi megah yang bisa dikunjungi ketika liburan. Tidak hanya megah, candi tersebut pun masuk kategori megah dan sangat memukau di Indonesia. Salah satu candi yang memiliki kemegahan tersebut adalah Candi Borobodur yang kerap dikira berada di Yogyakarta.
  • Masjid yang terlihat seperti klenteng. Ketika melihat bangunan masjid di kota Magelang, mungkin Anda akan mengira jika masjid tersebut adalah klenteng karena bangunannya yang memang didominasi oleh warna merah dengan arsitektur khas China. Jika disebutkan maka Masjid Al-Mahdi yang terletak di Jl. Delima Raya, Komplek Perumahan Armada Estate, Kelurahan Kramat Utara, Kecamatan Magelang Utara adalah salah satu contohnya.

Itulah berbagai fakta menarik yang bisa kita ketahui dari kota Magelang. Apakah Anda sudah tau dengan berbagai fakta tersebut?

Erick

Saya seorang yang sedang belajar menulis dan saat ini sedang mempelajari dunia digital

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE