Makanan Mengandung Serat yang Bisa Menurunkan Kolesterol

makanan penurun kolesterol

image source: Everyday Health

Selama ini, tentunya kita sudah mengetahui makanan apa saja yang bisa membantu menurunkan kolesterol. Akan tetapi, tahukah kalian bahwa serat dalam makanan penurun kolesterol juga cukup berpengaruh? Yap, serat membantu melarutkan lemak, mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan, lalu menyeretnya keluar dari tubuh sebelum masuk ke sirkulasi darah. Untuk itu, mengonsumsi serat jika kalian ingin menurunkan kolesterol sangatlah disarankan. Lantas, makanan apa saja yang bisa dikonsumsi? Berikut kami berikan daftar makanan mengandung serat yang bisa membantu menurunkan kolesterol:

  • Oatmeal. Mulai sekarang, cobalah ganti menu sarapan kalian dengan oatmeal. Buat semangkuk oatmeal setiap pagi lalu tambahkan buah-buahan segar sebagai penambah rasa. Kalian bisa menambahkan stroberi, pisang, kismis, atau raspberry sehingga kandungan gizinya akan lebih tinggi. Menu sarapan ini sangat sehat karena mengandung serat dan juga vitamin, sehingga baik untuk kalian yang menderita kolesterol.
  • Kacang-kacangan. Selain oatmeal, makanan lain yang sebaiknya dikonsumsi karena mampu membantu menurunkan kolesterol adalah kacang-kacangan. Kacang membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna, oleh sebab itu rasa kenyang yang terasa di perut akan lebih lama dibanding makanan lainnya. Tidak hanya itu, asam lemak esensial yang ada di dalamnya juga bisa membantu meningkatkan kadar HDL yang dibutuhkan tubuh.
  • Makanan yang mengandung sterol dan stanol. Menurut penelitian, makanan yang mengandung sterol dan stenol bisa membantu menurunkan kolesterol LDL hingga 10%. Biasanya, sterol dan stenol ini banyak ditemukan pada buah, sayuran, minyak sayur, biji-bijian, dan sereal. Anda yang sedang mengalami masalah kolesterol disarankan untuk rutin mengonsumsi buah sebagai cara menurunkan kolesterol secara efektif.
  • Kedelai. Makanan dan minuman yang terbuat dari kedelai juga membantu untuk menurunkan kolesterol, lho. Jadi, konsumsi tahu dan tempe setiap hari bisa menurunkan LDL hingga 6%. Agar lebih maksimal, kalian juga bisa mengganti konsumsi susu harian dengan susu kacang kedelai, ya.

Tentunya, menjaga konsumsi menu harian agar tetap seimbang adalah hal yang utama. Namun demikian, menjadikan makanan-makanan di atas sebagai bagian dari konsumsi harian bisa membantu usaha kita untuk menurunkan kolesterol. Semoga membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE