Manfaat Asuransi Kesehatan Keluarga

asuransi kesehatan keluarga bahagiaKesehatan merupakan hal yang sangat penting bagi siapapun. Sehebat apapun seseorang, ketika sakit maka orang tersebut tidak akan berdaya, apalagi jika penyakit yang di deritanya cukup berat. Untuk menyembuhkan suatu penyakit, tentunya akan membutuhkan pengobatan ataupun perawatan yang tepat. Namun, biaya pengobatan yang semakin tinggi terkadang membuat seseorang sulit untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Karena itulah, banyak yang memanfaatkan Asuransi Kesehatan untuk menjamin biaya pengobatannya. Dengan asuransi ini, maka kapanpun kita sakit biaya pengobatan akan selalu siap tersedia.

Asuransi kesehatan tidak hanya menjamin biaya pengobatan dari peserta asuransi saja, tetapi juga bisa menjamin biaya pengobatan anggota keluarga yang lain (istri dan anak). Asuransi ini sering juga disebut sebagai paket asuransi keluarga. Untuk jumlah anak yang dapat ditanggung oleh asuransi ini memiliki jumlah yang berbeda, biasanya antara 2 atau 3 (tergantung kebijakan perusahaan asuransi).  Sebenarnya, asuransi kesehatan keluarga ini tidak jauh berbeda dengan asuransi secara perorangan. Hanya saja, kepala keluarga cukup membayar satu polis untuk menjamin kesehatan anggota keluarganya.

Asuransi ini juga akan menjamin 3 jenis perawatan penyakit pesertanya, yaitu:

  • Rawat Inap

Biaya pengobatan yang membutuhkan perawatan khusus sehingga harus menginap dirumah sakit akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Biaya yang biasanya akan ditanggung yaitu obat yang digunakan, biaya kamar, ambulance, dokter dan beberapa hal lain (bergantung pada kebijakan perusahaan asuransi). Jika peserta asuransi berobat di rumah sakit yang bukan rekanan perusahaan asuransi, maka peserta harus membayar terlebih dahulu seluruh biaya pengobatannya dan kemudian melakukan reimbursement dengan melampirkan berbagai dokumen yang dibutuhkan.

  • Pembedahan

Beberapa penyakit membutuhkan tindakan khusus, contohnya tindakan operasi. Pada beberapa kasus penyakit, biaya operasi ini akan menjadi tanggungan perusahaan operasi selama masih memenuhi persyaratan. Umumnya, operasi akan dibagi menjadi beberapa golongan, dan akan mendapatkan jumlah pertanggungan yang berbeda setiap golongannya.

  • Rawat Jalan

Rawat jalan ini tidak hanya perawatan yang dilakukan oleh peserta asuransi setelah melalui rawat inap. Jika peserta melakukan pengobatan ke dokter di rumah sakit yang telah menjadi rekanan perusahaan asuransi, biaya pengobatan tersebut juga akan ditanggung oleh perusahaan asuransi selama belum melewati batas jumlah klaim. (Yv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE