Manfaatkan Buku Bergambar Untuk Proses Belajar

Buku Bergambar Untuk Proses Belajar Bahasa InggrisSaat ini ada banyak sekali hal yang bisa dimanfaatkan oleh Anda sebagai orangtua untuk mengajarkan berbagai hal pada anak. Misalnya saja, seperti program acara anak berbahasa inggris untuk membantu belajar bahasa inggris anak usia dini. Sementara, untuk membantu meningkatkan kreativitas anak, Anda bisa memanfaatkan buku bergambar. Untuk memaksimalkan proses belajar anak, akan lebih baik jika Anda memilih buku bergambar yang belum berwarna. Dengan begini, Anda akan bisa memanfaatkan buku ini untuk beberapa proses belajar sekaligus, yang berkaitan dengan kreatifitas.

Pertama, Anda bisa mengenalkan warna pada Anak dengan mengajaknya mewarnai buku tersebut. Berikan contoh gambar yang serupa namun telah dilengkapi dengan warna dan perkenalkan warna tersebut pada anak. Perkenalkan warna ini dengan Bahasa Indonesia dan kemudian dengan Bahasa Inggris, untuk membantu anak mengenal warna dalam Bahasa Inggris. Setelah itu, biarkan anak berkreasi dengan memilih warna yang diinginkannya. Jika Anda mau, Anda juga bisa menanyakan alasannya mengapa anak memilih warna tersebut untuk gambar tersebut.

Kedua, penggunaan buku bergambar untuk proses belajar ini juga dapat melatih daya kreasi anak dalam menceritakan apa yang ada dipikirannya. Sebagai langkah awal, Anda bisa menceritakan sebuah kisah pendek berdasarkan gambar yang terdapat dalam buku tersebut. Gunakan Bahasa Inggris saat bercerita untuk melatih kemampuan Bahasa Inggris anak. Namun, agar anak dapat mengerti makna dari kisah yang diceritakan, gunakanlah Bahasa Inggris dasar yang mudah dipahami.

Agar proses belajar Bahasa Inggris ini berjalan maksimal, Anda bisa meminta anak untuk menceritakan sebuah kisah pendek menurut versinya sendiri berdasarkan gambar tersebut. Sama seperti ketika Anda bercerita, mintalah anak bercerita menggunakan Bahasa Inggris dan bantulah ketika anak mengalami kesulitan. Jangan terlalu menuntut anak untuk menggunakan Bahasa Inggris yang sempurna, karena ini justru bisa membuat anak merasa tertekan.

Setelah anak selesai bercerita, cobalah bahas kembali Bahasa Inggris yang tadi digunakan Anak, terutama bagian dimana anak melakukan kesalahan. Namun, jangan memberikan kesan bahwa ini sebuah kesalahan yang fatal. Dan yang tidak kalah pentingnya yaitu, jangan lupa untuk memberi pujian atas usaha anak dalam bercerita. Hal ini penting untuk meningkatkan semangat anak. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE