Manfaatkan Internet Pekalongan untuk Memasarkan Batik

Pekalongan merupakan salah satu kota penghasil Batik yang cukup terkenal. Batik hasil produksi kota ini sudah sangat terkenal tidak hanya dalam negeri saja, tetapi juga sudah banyak yang di pasarkan ke luar negeri. Bahkan banyak pedagang dari luar daerah yang membeli grosir batik pekalongan dan kemudian menjualnya di daerahnya masing-masing. Sayangnya, meskipun batik Pekalongan ini sudah tersebar sangat luas, namun ternyata kota ini dan pengrajin batik tersebut sampai saat ini belum bisa dikatakan maju. Pemasaran melalui offline ataupun pemanfaatan Internet Pekalongan yang masih terbatas membuat para pengrajin ini banyak yang menjual hasil produksinya secara grosir kepada pengusaha retail dengan harga murah dan kemudian dijual lagi dengan harga cukup mahal.

jual batik onlineSaat ini pihak pemerintah Kota Pekalongan sudah menjalin koneksi dengan beberapa kota besar di Indonesia, untuk membantu para pengrajin Batik di Pekalongan agar dapat langsung memasarkan produknya kepada para pengguna. Beberapa cara yang telah dilakukan yaitu dengan memberikan penginapan dan sewa kios gratis selama beberapa bulan bagi para pengrajin yang memasarkan batiknya di luar kota pekalongan. Dengan menggunakan cara ini diharapkan pengrajin batik di kota ini dapat lebih maju karena dapat menjual batiknya dengan harga lebih tinggi.

Untuk pengrajin yang ingin memperluas pemasaran namun tetap tinggal di kota Pekalongan, dapat memanfaatkan teknologi Internet Pekalongan untuk memasarkannya langsung pada para pembeli. Dengan menggunakan teknologi internet, maka pengrajin akan dapat memasarkan langsung produknya secara luas, tidak hanya dalam negeri saja tetapi juga sampai ke luar negeri. Pengrajin dapat memanfaatkan sosial media untuk menjaring konsumen seluas-luasnya. Pengrajin hanya perlu untuk memfoto produknya dan kemudian menguploadnya di sosial media yang dimilikinya. Bukan hanya di Pekalongan, Internet di kota Padang juga sekarang semakin mudah diakses oleh masyarakat.

Namun yang harus di ingat yaitu konsumen hanya melihat berdasarkan hasil foto saja, jadi pengrajin harus dapat membuat tampilan fotonya semenarik mungkin. Jika ada konsumen yang tertarik untuk membeli produknya, pengrajin bisa memanfaatkan jasa perusahaan ekspedisi untuk mengirimkan produk tersebut ke konsumen. Jual beli online ini hanya didasarkan pada kepercayaan, karena itu walaupun konsumen membeli produk berdasarkan dari gambar yang dilihatnya, pengrajin pun harus memberikan produk dengan kualitas yang layak dan sesuai dengan yang dijanjikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE