Masakan Khas Jepang Yang Paling Populer

Maraknya restoran yang menyajikan makanan khas Jepang di berbagai belahan dunia menjadi salah satu pertanda bahwa sajian khas Negara Matahari Terbit ini bisa dinikmati oleh siapa saja. Di Jakarta sendiri, restoran khas Jepang mudah ditemui di kawasan mal sekitar Ibukota. Bahkan baru-baru ini sebuah restoran baru yang berdiri di kawasan Kuningan dengan nama Akira Back Jakarta mulai mencuri perhatian publik karena menyajikan makanan Jepang yang berpadu dengan kuliner mancanegara. Nah, sebetulnya apa sih yang membuat makanan khas Jepang ini digemari banyak orang? Tidak lain dan tidak bukan adalah karena rasanya dan keunikan jenis masakannya. Berikut ini adalah beberapa sajian makanan Jepang yang paling populer:

  1. Makanan ini melejit lewar kemunculannya di dalam komik-komik Jepang. Onigiri adalah jenis makanan khas Jepang yang terbut nasi putih. Onigiri atau yang juga dikenal sebagai ‘nasi kepal’ terbuat dari nasi putih yang dibalut dengan rumput laut. Di dalamnya biasanya berisi udang atau tuna, daun bawang, buah plum (ume), telur ikan, serta mayones.
  2. Selain onigiri, makanan khas Jepang yang dikenal via komik atau dorama Jepang adalah ramen. Ramen adalah sejenis mie yang disajikan dengan kuah gurih. Ada beragam topping yang bisa dimasukan ke dalam ramen mulai dari telur, belut, tuna, daging, dan lain sebagainya. Ramen akan lebih nikmat dimakan ketika masih mengeluarkan asap atau dalam keadaan hangat.
  3. Jenis makanan mungil dengan sajian yang menarik ini sangat terkenal di Jepang dan di luar Jepang. Sushi terdiri atas berbagai jenis dan biasanya menggunakan bahan-bahan yang masih segar. Tidak hanya menggugah selera, rasa sushi pun sangat enak. Sushi juga mudah dimakan karena bentuknya yang mungil dan bisa dimakan dengan sekali lahap. Penyajiannya biasa dilengkapi dengan wasabi dan kecap asin.

Takoyaki. Takoyaki atau gurita panggang merupakan makanan khas Jepang yang berbentuk bulat dan disirami oleh campuran saus dan mayones. Takoyaki terbuat dari tepung terigu dan memiliki isi pada bagian tengahnya. Setelah matang, takoyaki akan diletakkan pada wadah, disirami saus, dan ditaburi serutan ikan cakalang untuk menambah rasa. (Tr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE