Masalah Pada Mobil yang Berpotensi Menimbulkan Bahaya

Kamu yang baru membeli mobil Mitsubishi Strada Triton baru, mungkin tidak terlalu khawatir dengan kondisi mobil. Jelas, mobil yang baru dibeli biasanya masih dalam kondisi baik, dan tidak mengalami masalah pada mesinnya. Meskipun begitu, bukan berarti salah satu dari beberapa masalah yang akan disebutkan nanti tidak mungkin kamu alami.

Yap, meskipun pada umumnya yang mengalami masalah ini adalah mobil yang sudah cukup berumur, namun tidak menutup kemungkinan mobil barupun mengalaminya. Hal ini biasanya disebabkan karena perawatannya yang kurang baik, sehingga kondisi mesin tidak dapat bekerja dengan sempurna.

Masalah Pada Mobil yang Berpotensi Menimbulkan Bahaya

Sebenarnya, ada banyak sekali masalah yang mungkin terjadi pada mobil. Wajar, mengingat satu mobil terdiri dari banyak sekali komponen. Namun, masalah yang akan kita bahas kali ini adalah masalah yang berpotensi menimbulkan bahaya bagi pengendara maupun orang yang ada di sekelilingnya, yaitu:

  • Rem kurang pakem

Ada beberapa masalah yang mungkin terjadi pada rem, dari masalah yang kecil hingga yang cukup besar. Namun, sebenarnya bisa saja beberapa masalah kecil ini adalah gejala adanya ketidakberesan pada rem yang jika tidak segera diperbaiki dapat menyebabkan rem menjadi tidak pakem. Nah, jika sudah sampai pada tahap ini, sebaiknya hindari menggunakan kendaraan sebelum memperbaikinya. Meskipun kita hanya menggunakan kendaraan dalam jarak yang cukup dekat, namun tetap saja kita pasti akan membutuhkan rem. Misalnya saja, tiba-tiba didepan kita ada suatu hal yang menyebabkan kita harus melakukan rem mendadak, bisa terbayang dong apa yang bakal terjadi.

  • Pedal gas

Pedal gas yang bermasalah juga bisa menjadi masalah besar yang membahayakan. Masalah yang terjadi pada pedal gas ini biasanya yaitu pedal gas yang terasa berat saat diinjak atau tersangkut. Jika hanya masalah pedal gas yang terasa berat, mungkin tidak akan terlalu bermasalah. Paling kita hanya akan terasa lebih pegal saat mengendarai mobil. Akan tetapi, untuk masalah pedal gas yang menyangkut, ini akan sangat berbahaya. Pedal gas seharusnya akan terdorong saat diinjak, dan kemudian kembali keposisi semula saat kita mengangkat kaki (tidak dalam posisi diinjak). Akan tetapi, ketika pedal gas tersangkut, maka pedal akan tetap berada dalam posisi terinjak. Akibatnya mobil akan terus melaju meskipun pedal gas sudah kita lepas.

  • Kebocoran Knalpot

Kebocoran knalpot ini mungkin tidak terlalu berbahaya secara langsung pada orang yang berada di sekeliling kendaraan kita, namun dapat berdampak langsung pada orang yang berada di dalam mobil. Terkadang, seseorang tidak menyadari adanya kebocoran pada knalpot, hingga akhirnya mengalami keracunan. Padahal, jika tidak segera diatasi, hal ini bahkan bisa menyebabkan kematian. Penumpang mobil yang mengalami masalah ini biasanya akan merasa mengantuk yang teramat sangat. Hal ini disebabkan karena kurangnya oksigen yang masuk ke dalam tubuh. Jika hal ini berlangsung dalam waktu yang cukup lama, maka oksigen dalam tubuh akan habis dan berganti dengan zat yang bersifat racun, dan beresiko menyebabkan seseorang kehilangan nyawa.

Itu dia 3 masalah pada mobil yang terkadang sering terjadi masalah bahkan jika dibiarkan justru akan berbahaya. So selalu cek dan ricek yah secara berkala terutama ketika akan bepergian jauh! (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE